PROGRAM KONVERSI SUHU


Entah kenapa malem itu pikiran lagi random banget, hasrat pengen tidur tapi kayaknya mata masih belum berani merem, jam yang ada udah menunjukkan waktu sekitar 23.20.

Akhirnya terlintas di pikiran buat iseng-iseng buat coding program sederhana banget, yaitu program konversi suhu pada bahasa pemrograman C.

Ini masih sederhana banget kok, maklumlah saya juga baru belajar, ini juga masih ngeraba-raba bikin codingnya, kalo anak-anak lain yang  seumuran dan jurusan TI juga paling menganggap program  ini terlalu sederhana, tapi gapapalah namanya juga iseng-iseng buat bikin mata ngantuk, ya ngga? haha (banyak omong ya?)

langsung aja deh ini listingan programnya

Saya berikan sedikit penjelasan ya, dari awal main program itu saya deklarasikan variabel c (untuk Celcius), x (untuk inputan angka menu), loop (untuk pilihan kembali ke menu) ke dalam tipe data integer.

lalu ada lagi variabel f (untuk Fahrenheit), r (untuk Reamur) yang saya deklarasikan ke dalam tipe data float.

kemudian program konversi ini saya bentuk dalam kondisi do-while yang terdapat switch case  di dalamnya, mengapa demikian? karena di akhir programnya saya membuat pilihan antara kembali ke menu (agar bisa mencoba untuk mengonversi suhu yang lain) atau keluar (sudahi program).

selanjutnya, di setiap case terdapat masing-masing rumus untuk menghitung konversi suhu tersebut.

sekarang kita lihat outputnya seperti di bawah ini,

setelah melihat outputnya sudah cukup jelas kan?

terakhir saya memilih option yang ke 2,  maka bila ditekan enter setelah mengetik angka 2 tersebut, program akan langsung tertutup/keluar.

kalau ada yang masih belum paham atau ada yang ingin ditanyakan silahkan aja langsung tinggalkan comment-nya di bawah postingan ini ya, jangan malu-malu buat nanya .

sekian postingan program hasil dari pikiran yang lagi random malam itu, haha semoga program iseng-iseng ini bisa bermanfaat ya walaupun hanya seperti ini yang bisa saya berikan.

namanya juga masih sama-sama belajar, makasih udah berkunjung🙂

3 thoughts on “PROGRAM KONVERSI SUHU

  1. Pingback: Kegiatan Pengembangan dalam Bidang Sistem Informasi | Tuntutan Profesi

Leave a Reply

