Ulasan tentang Facebook


hai bloggers, kali ini saya kembali untuk menyelesaikan tuntutan profesi saya lagi nih. Ya, tak lain dan tak bukan kalau postingan saya ini merupakan tugas dari salah satu mata kuliah saya yaitu softskill. Tugasnya sih masih seperti biasa, yaitu disuruh membuat tulisan yang berisi ulasan tentang salah satu jejaring sosial. naaahh, di sini saya ambil contohnya jejaring sosial yang sangat populer di kalangan masyarakat yaitu Facebook (wah wah siapa sih yang nggak tau situs jejaring sosial ini) langsung aja deh ya baca di bawah sini…

SEJARAH FACEBOOK

          Asal mula Facebook berawal ketika Mark Zuckerberg (saat itu mahasiswa semester II Harvard University) membuat sebuah situs kontak jodoh untuk rekan-rekan kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or Not menamai situs buatannya Facemash.com. Metode situs ini yaitu menampilkan dua foto pasangan (pria dan wanita), di mana selanjutnya dua pasangan ini akan dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang paling “hot”. Nah, untuk menampilkan foto-foto pasangan di situs ini, Zuckerberg berupaya dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan cara keliling ‘door-to-door’ untuk meminta foto

          Kelewat nekat, Zuckerberg membobol akses jaringan komputer kampusnya untuk mendapatkan foto-foto seluruh mahasiswa Harvard University. Namun aksi ini diketahui pihak kampus dan mereka selanjutnya memblokir situs Facemash.com diikuti dengan tindakan sanksi kepada Zuckerberg dengan ancaman akan memecatnya dari kampus (walaupun ancaman ini tidak jadi direalisasikan). Atas tindakannya itu, Zuckerberg membela diri dengan mengatakan “Tindakan pihak kampus yang memblokir situs facemash.com memang benar alasannya, namun sayang mereka tidak menyadari potensinya yang bisa saja menjadi alat pendongkrak popularitas bagi kampus itu sendiri”. Ia melanjutkan “Cepat atau lambat, nanti juga akan ada orang lain yang membuat situs serupa”.

2004

          Belum kapok, di semester berikutnya, tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg membuat sebuah situs baru bernama “The Facebook” yang beralamat URL: http://www.thefacebook.com. Untuk situs barunya ini, Zuckerberg berkomentar sarkas: “Menurutku upaya pihak kampus yang ingin membuat media pertukaran informasi antar civitas akademik yang butuh waktu bertahun-tahun adalah hal yang konyol. Dengan situsku ini, aku bisa mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu saja”.

          Saat pertama kali diluncurkan “The Facebook” hanya terbatas di kalangan kampus Harvard saja. Dan sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu bulan para penggunanya sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard saat itu. Selanjutnya, sejumlah rekan Zuckerberg turut bergabung memperkuat tim thefacebook.com. Mereka adalah Eduardo Saverin (analis usaha), Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum (desainer grafis), dan Chris Hughes.

          Bulan maret 2004, thefacebook.com mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston, AS dan juga ke sejumlah kampus ternama seperti Stanford, Columbia, Yale, dan Ivy League. Tak butuh waktu lama, situs ini telah tersebar penggunaannya di hampir semua kampus di AS dan Kanada. Bulan Juni 2004, Zuckerberg, McCollum dan Moskovitz memindahkan markas ke Palo Alto, California. Di sini mereka turut dibantu juga oleh Adam D’Angelo dan Sean Parker.Pertengahan 2004, thefacebook.com mendapat investasi pertamanya dari salah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel.Photobucket, situs awal facebook, tampilan situs awal facebook, sejarah facebook, sejarah fb, asal usul facebook.

2005

          Bulan Mei 2005, thefacebook.com mendapat suntikan dana segar hasil join venture dengan Accel Partners. Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook secara resmi membeli nama domain mereka dari Aboutface.com seharga USD 200.000 dan sejak saat itu penggalan frase “the” tidak dipakai lagi sehingga nama mereka resmi menjadi facebook.com.

          Pada tahun 2005 ini juga, facebook telah memperluas jangkauan pengguna ke kalangan pelajar SMA. Masih di tahun yang sama, sejumlah universitas di Meksiko, Inggris Raya, Australia dan Selandia Baru juga sudah bisa menikmati jaringan Facebook.

2006

          Awal tahun 2006, Facebook diisukan akan diakuisisi oleh sebuah perusahaan dengan harga USD 750 juta, bahkan tawarannya melonjak hingga USD 2 miliar. Namun kabar ini tak terbukti. Pada bulan April 2006, Facebook mendapat suntikan dana segar USD 25 juta hasil investasi dari Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners. Bulan Mei tahun yang sama Facebook mulai merambah benua Asia melalui India. Di pertengahan tahun, gilliran Israel dan Jerman. Akhirnya pada 11 September 2006, Facebook merubah status registrasinya menjadi “free to join” bagi semua pemilik alamat email valid di seluruh dunia.

2007

          Bulan September 2007, Microsoft mengumumkan telah membeli 1,6% saham Facebook senilai USD 15 miliar. Dalam pengambilan saham ini juga tercakup kesepakatan bahwa Microsoft memiliki hak untuk memasang iklan mereka di Facebook. Melihat langkah ini sejumlah pemain raksasa lain seperti Google, Viacom, Friendster juga mengungkapkan minat mereka untuk berinvestasi di Facebook. Sebelumnya di tahun 2006, Yahoo! telah menawarkan tawaran akuisisi senilai USD 1 miliar. November 2007, seorang miliuner Hongkong Li Ka-shing menanam investasi senilai USD 60 juta di Facebook.

2008

          Pada Agustus 2008, majalah Business Week melaporkan sejumlah pihak lain telah ikut menanamkan saham di Facebook sehingga diperkirakan nilai Facebook berkisar antara USD 3.75 miliar sampai USD 5 miliar.

2009

          Februari 2009 Facebook memperkenalkan fitur “Like” disusul kemudia pada Juni 2009 Username Facebook diluncurkan. Pada Oktober 2009 Facebok melakukan pengubahan kebijakan privasi Menutup tahun 2009 Pengguna Facebook mencapai 350 juta orang.

2010

          April 2010 API Open Graph diluncurkan Facebook disusul kemudian pada Juni 2010 Pengguna Facebook mencapai 500 juta orang. Dua Bulan Kemudian pada Agustus 2010 Facebook Places diluncurkan. Menutup tahun Majalah Time menobatkan Mark Zuckerberg sebagai “Person of the Year”. Pada tahun yang sama pula kembar Winklevoss mengajukan tuntutan akan pendiri Facebook. Mark Zuckerberg dinilai telah berbohong atas nilai perusahaan.

2011

          Mengawali tahun 2011, Facebook memiliki nilai sebesar USD 50 miliar.

2012

          Para pendiri situs jejaring sosial Facebook yaitu Mark Zuckerberg sang penemu dan temen asramanya yaitu Dustin Moskovitz, umur keduanya saat ini 27 tahun. Namun Mark saat ini masuk sebagai orang nomor 35 terkaya di dunia versi  Forbes Magazine dengan nilai kekayaan US$ 17,5 miliar.

KONSEP

          Facebook memiliki konsep sebagai media jejaring sosial dimana Pengguna dapat membuat profil diri mereka sendiri yang dilengkapi foto/video, daftar ketertarikan pribadi, informasi kontak, dan informasi pribadi lain (tanggal lahir, tempat tinggal,pendidikan, pekerjaan, hobi, dan bisa mendeskripsikan tentang diri sendiri). Para pengguna juga bisa menambah kenalan atau yang biasa kita sebut dengan teman (fitur friends). Trend penggunaan facebook sebagai media jejaring sosial tidak jauh-jauh dari mengekspresikan semua hal yang kita alami, dan membagikannya dengan pengguna lain (yang disebut friends) melaui fitur update status dan diketik di dalam kolom yang bertuliskan “what’s on your mind” yang nantinya akan tampil pada home/timeline. Facebook juga dilengkapi  fitur pesan pribadi (fitur message)  atau umum (disebut dengan wall to wall)  dan fitur obrolan (chating). Mereka juga dapat membuat dan bergabung dengan grup ketertarikan dan “halaman kesukaan” (dulu disebut “halaman penggemar” hingga 19 April 2010).

   

TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN FACEBOOK

          Facebook menggunakan berbagai layanan, peralatan, dan bahasa pemrograman untuk membuat infrastruktur inti. Pada ujung depan, server mereka menjalankan LAMP (Linux, Apache, MySQL, dan PHP) stack dengan Memcache.

Linux & Apache

          Bagian ini cukup jelas. Linux adalah Unix seperti kernel sistem operasi komputer. Ini open source, mudah disesuaikan, dan baik untuk keamanan. Facebook menjalankan sistem operasi Linux di Apache HTTP Server. Apache juga open source gratis dan merupakan web server yang paling populer di gunakan.

MySQL

          Untuk database, Facebook menggunakan MySQL karena kecepatan dan kehandalan. MySQL digunakan terutama sebagai penyimpan nilai kunci sebagai data secara acak didistribusikan diantara set besar kasus logis. Contoh-contoh logis tersebar di seluruh node fisik dan load balancing yang dilakukan di tingkat simpul fisik.

          Sejauh kustomisasi yang bersangkutan, Facebook telah mengembangkan skema partisi kustom di mana ID global ditugaskan untuk semua data. Mereka juga memiliki skema pengarsipan kustom yang didasarkan pada bagaimana data yang sering dan aktual pada basis per-user. Data yang paling aktual didistribusikan secara acak.

          VP Teknologi Facebook, Jeff Rothschild memberikan beberapa rincian pada konferensi pengguna MySQL terakhir. Rothschild mengatakan Facebook sekarang berjalan 10.000 server, termasuk 1.800 server MySQL yang diawasi oleh hanya dua database administrator.

PHP

          Facebook menggunakan PHP karena itu adalah bahasa pemrograman web yang baik dengan dukungan luas dan komunitas pengembang yang aktif dan hal ini baik untuk iterasi yang cepat. PHP adalah bahasa pemrograman script yang dinamis.

Memcache

          Memcache adalah sistem caching memori yang digunakan untuk mempercepat database website dinamis (seperti Facebook). Dengan caching data dan objek dalam RAM untuk mengurangi waktu membaca. Memcache adalah media cache utama Facebook membantu meringankan beban database.

          Memiliki sistem caching memungkinkan Facebook untuk bisa sangat cepat memanggil data Anda. Karena tidak harus pergi ke database, memcache hanya akan mengambil data Anda dari cache berdasarkan ID pengguna Anda.

          Menyadari bahwa ada kekurangan dalam menggunakan LAMP stack. Terutama, PHP tidak selalu bisa dioptimalkan untuk website besar dan karena itu sulit untuk skala. Juga, itu bukan bahasa tercepat untuk dijalankan. Dan kerangka ekstensi sulit untuk digunakan.

          Facebook telah tumbuh begitu cepat sehingga mereka sering dihadapkan dengan isu-isu mengenai query database, caching, dan penyimpanan data. Database mereka sangat besar dan sangat kompleks. Untuk menjelaskan hal ini, Facebook telah mulai banyak proyek open source dan layanan backend.

Bagaimana Cara Kerja Back End

          Backend layanan Facebook ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman yang berbeda termasuk C + +, Java, Python, dan Erlang. Filosofi mereka untuk penciptaan layanan adalah sebagai berikut:

1. Buat layanan jika diperlukan

2. Buat kerangka / toolset untuk menciptakan layanan dengan mudah

3. Gunakan bahasa pemrograman yang tepat untuk semua tugas

Daftar semua perkembangan open Facebook source dapat ditemukan di sini. Saya akan membahas beberapa alat-alat penting yang telah dikembangkan Facebook.

Thrift (protokol)

          Thrift adalah kerangka remote procedure call lintas bahasa. Thrift mendukung C + +, PHP, Python, Perl, Java, Ruby, Erlang, dan lain-lain. Ini cepat, menghemat waktu pengembangan, dan menyediakan pembagian tenaga kerja bekerja pada server dan aplikasi dengan kinerja tinggi.

Scribe (log server)

          Scribe adalah server untuk menggabungkan data log dialirkan secara real-time dari server lain. Ini adalah kerangka kerja terukur berguna untuk menyimpan log beragam data. Hal ini dibangun di atas Thrift.

Cassandra (database)

          Cassandra adalah sistem manajemen database yang dirancang untuk menangani sejumlah besar data yang tersebar pada banyak server. Ini kekuatan fitur Kotak Pencarian Facebook dan menyediakan penyimpanan nilai kunci terstruktur dengan sangat konsisten.

Hiphop untuk PHP

          Hiphop untuk PHP adalah kode sumber transformator untuk kode script PHP dan diciptakan untuk menghemat sumber daya server. Hiphop mengubah source code PHP ke dioptimalkan C++. Setelah melakukan hal ini, menggunakan g++ untuk mengkompilasi ke kode mesin.

Facebook Application

          aplikasi yang dijalankan diatas facebook platform, framework yang memungkinkan pengembang program mengembangkan aplikasi yang berintraksi dengan facebook dan data user.

 

referensi :

http://finance.detik.com/read/2012/03/08/142658/1861534/4/4-pendiri-facebook-jadi-pemuda-terkaya-di-dunia?9911012

http://tekno.kompas.com/read/2012/03/08/1354499/Facebook.Alami.Gangguan.di.Wilayah.Tertentu

http://forum.vivanews.com/iptek/68694-inilah-sejarah-perkembangan-facebook-dari-tahun-ke-tahun.html

http://www.asal-usul.com/2009/03/facebook-data-dan-fakta-sejarah.html

http://www.brainwares.com/2011/06/bckf/

http://bloggingly.com/apa-itu-facebook-application-dan-facebook-application-untuk-blogging-groups-networked-blogs-blogrss-feed-reader/

4 thoughts on “Ulasan tentang Facebook

  1. Pingback: Ulasan tentang Facebook #lanjutan « Tuntutan Profesi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s