Ulasan tentang Facebook #lanjutan


postingan ini merupakan lanjutan dari postingan  Ulasan tentang Facebook yang sebelumnya baru membahas tentang sejarah, konsep, dan teknologi yang digunakan oleh facebook .

sekarang saya akan melanjutkan ulasannya mulai dari kelebihan dan kekurangan, keamanan, pemanfaatan dan  perkembangan facebook di masa depan.

langsung saja kita bahas yuk..

kita tentu saja tidak asing lagi dengan situs jejaring sosial ini, seperti facebook. Bahkan situs ini merupakan kebutuhan untuk berbagai kalangan. Nah, sekarang saya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan situs jejaring sosial ini.

Facebook

Kelebihan :

 

1.Penggunaan facebook sangatlah mudah dibanding dengan yang lainnya.

2.Facebook merupakan situs jejaring sosial terbesar saat ini, sehingga pemakainya banyak.

Facebook memiliki jumlah pengguna yang besar dan beragam dengan segmen terbesar dari orang muda sehingga tepat untuk Anda yang mencari teman dan ingin berbagi dengan teman-teman Anda. Bayangkan saja, ada 400 juta orang di sana.

3.Upload gambar sangatlah mudah.

4.Pemakaiannya gratis dan tanpa batasan.

5.Dapat digunakan untuk iklan.

6.Facebook dapat digunakan untuk tempat bisnis, terlebih untuk sales yang akan mempromosikan produknya.

7.dunia sudah semakin canggih, facebookpun dapat diakses dimanapun, kapanpun, dan dalam keadaan apapun.

8. Walau dengan desain situs yang sederhana dan terkesan minimalis, Facebook menggunakan bahasa pemrograman Ajax yang bisa membuat kita menjelajahi Facebook lebih nyaman.

9. Facebook memiliki aplikasi yang unik dan beragam, mulai dari permainan, simulasi saham, hewan peliharaan virtual, dan masih banyak lagi yang membuat Anda tambah betah berada di sana.

10. Anda bisa mengetahui apakah ada teman Anda sedang online di Facebook atau tidak melalui chat yang tersedia.

 

Kekurangan :

1. Facebook sangat terkenal sehingga banyak orang yang melakukan plagiat (nama samaran) biasanya mirip selebritis, jadi tidak tahu mana yang asli mana yang palsu.

2. Facebook menjadi ajang penjualan diri. Maksudnya banyak pekerja seks komersial yang menawarkan dirinya melalui facebook.

3. Lebih dari 60% pelajar di Indonesia adalah pengguna facebook dan 75% per harinya mereka akan membuka situs ini, sehingga mengganggu kegiatan belajar mereka.

4. Facebook acap kali menjadi tempat kasus, diantaranya melakukan pelecehan melaui status, menghina lewat comment, dll.

5. Akhir akhir ini telah ada gosip, kabarnya pembuat situs jejaring sosial ini akan membuat facebook menjadi berbayar, dengan bayaran 10$ per bulan (bisa kaya pembuat facebook).

Ini adalah kebijakan pembuat facebook :

– Foto yang diupload jangan yang berbau porno, menghina, atau merugikan orang lain, dan maksimal 4mb.

– Orang yang terbukti melakukan plagiat nama kepada orang tertentu, buak tidak mungkin pihak facebook akan membanned (menonaktifkan) akun mereka.

– pihak facebook kabarnya akan membagi facebook menjadi 2, yaitu facebook free dan facebook pro. Untuk yang free akan ada pembatasan status, comment dan upload foto. Sedangkan untuk yang pro tidak ada batasan sama sekali, namun kita diharuskan membayar 10$ per bulannya. (masih rencana, dan baru akan dilakukan tes di US)

6. Facebook memiliki Batasan Permintaan Pertemanan jika Berlebihan.

ada kekurangan lain yang muncul ketika diberlakukannya timeline baru, antara lain :

1. Memakan bandwidth dan resource yang cukup besar.

tampilan baru yang menggunakan cukup banyak gambar akan menyulitkan kita untuk membuka profil facebook, terlebih lagi bila koneksi internet yang sedang down.

2. Informasi pribadi bisa terlihat oleh umum.

dengan adanya timeline baru, informasi pribadi kita malah lebih diperlihatkan secara jelas kepada umum.

3. Tidak bisa kembali,

maksudnya yaitu ketika pengguna facebook memilih untuk mengubah tampilan facebook menggunakan timeline baru, dan setelah menggunakannya ternyata kita kurang “srek” dengan tampilan baru tersebut kita tidak bisa lagi kembali ke tampilan facebook semula.

 

 

Keamanan yang digunakan Facebook

 

Baru-baru ini facebook berniat untuk meningkatkan keamanan penggunanya dengan memperkenalkan 2 fitur keluaran barunya.

Fitur-fitur tersebut diperkenalkan oleh tim keamanan Facebook sendiri. Penasaran apa saja fiturnya? langsung saja tengok yuk..

1. Trusted Friends

membantu pengguna Facebook jika suatu saat ada masalah akun terkunci atau tidak bisa diakses. Dengan trusted friends, maka pengguna bisa memilih 3 sampai 5 orang teman yang dipercaya untuk membantunya mengakses kembali akun Facebook yang terkunci. Facebook akan mengirimkan kode ke para teman dipercaya yang dipilih pemilik akun untuk membuka kunci akun pemilik. Fitur ini secara teoritis akan meningkatkan keamanan akun Facebook pengguna namun harus digunakan secara hati-hati agar para teman yang dipercaya tersebut tidak menyalahgunakan kepercayaan ini untuk mengutak-atik akun pemilik sebenarnya, baik untuk tujuan jahil ataupun tujuan lain.

2. App password

Fitur ini dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan akun Facebook dengan menyediakan pemilik akun sebuah password unik yang digunakan dalam sebuah aplikasi. Pengguna akan membuat password khusus untuk aplikasi dan mengganti password biasa yang digunakan aplikasi pihak ketiga seperti Spotufy atau Skype. Pengguna juga bisa menolak sebuah aplikasi tertenut untuk mengakses akun Facebook dengan cukup menghapus password yang sudah dibuat sebelumnya.

 

Pemanfaatan Facebook 

 

Tersedianya fitur baru pada aplikasi yang tersedia di dalam jejaring sosial facebook banyak memberikan manfaat kepada kita dalam melakukan beberapa hal. Beberapa fitur yang mendatangkan manfaat antara lain :

Facebook Share >> fitur yang bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran, contohnya dapat membagikan tulisan-tulisan tugas, link tugas dan informasi lainnya.

– Facebook Note >> Dengan sarana ini kita bisa berdiskusi mengenai topik tertentu. Dan Note ini bisa membantu kita untuk berlatih dalam menulis.

– Facebook Apps >> Dengan fitur ini hampir segalanya bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan membuat sebuah game edutainment pada platform facebook Apps ini. Salah satu contoh Facebook Apps game edutainment yang cukup terkenal dan banyak dimainkan adalah Geo Challenge. Sebuah aplikasi game untuk menguji pengetahuan geografis dari pemain-pemainnya.

– Facebook Quiz >> saat ini sudah banyak quiz-quiz yang beredar di facebook. Rata-rata hanya quiz yang dibuat untuk sekedar iseng. Fitur ini sejatinya bisa dipakai untuk melakukan quiz online. 

Pemanfaatan Facebook untuk media branding >> Di awal awal tahun 2009 banyak blogger yang ngebangun brand nya masing masing baik untuk personal branding maupun untuk usahanya. Usaha ini terbantu dengan banyaknya pengguna facebook yang menjadi sarana pemasaran branding menjadi lebih luas.

 

Perkembangan Facebook di masa depan 

 

Perkembangan zaman dan teknologi semakin pesat. Facebook sebagai jejaring sosialpun otomatis mengikuti perkembangan tersebut.

Seperti yang kita ketahui, penggunaan teknologi seperti mobile phone sudah bukan hal yang tabu lagi di kalangan masyarakat. Facebook telah membuat sebuah langkah baru untuk mengembangkan mobile Facebook agar seluruh pengguna mobile phone bisa mengakses facebook, dimanapun dan kapanpun.

Facebookpun tengah mengembangkan dan akan meluncurkan sistem webmail sendiri, jadi nantinya para pengguna Facebook akan diberikan fasilitas email tersendiri. Maka nantinya para pengguna Facebook akan bisa membalas update yang ada di akun mereka langsung dari email yang juga disediakan Facebook, login serta berbagai fitur juga akan menggunakan email khusus yang disediakan oleh Facebook, maka pengguna Facebook tidak akan meninggalkan situs ini untuk waktu yang lama. Bersosialisasi bisa, mengecek email bisa, berkirim file bisa, bahkan berjualan serta mendengarkan streaming dan bermain game pun bisa.

Facebook juga memberikan ruang yang sangat lebar dalam kolom pencarian. Kini kolom pencarian menjadi 2 kali jauh lebih besar dari kolom pencarian di desain Facebook yang terdahulu. Dan salah satu indikasi perkembangan tentang bagaimana fungsi search ini, kemungkinan besar Facebook bekerjasama dengan Bing untuk menghasilkan pencarian yang lebih baik. Termasuk memberikan hasil pencarian yang lebih lengkap dan lebih membantu dengan memberikan informasi yang lebih baik.

Jika anda mencoba fasilitas search yang ada di situs Facebook sekarang, maka Facebook tidak hanya menampilkan hasil pencarian yang berhubungan dengan konten di Facebook saja tetapi juga menyertakan hasil pencarian dari web. Nah, dengan kerjasasama ini mungkin saja Facebook akan membawa mesin social networking-nya ini ke tahap yang lebih luas, dengan kata lain menjadi sebuah ‘real social search engine’.

Meski begitu, beberapa ahli atau blog teknologi juga ada yang memberikan pendapat bahwa mereka menyangsikan fitur email (jika benar roll out),  seharusnya Facebook berkonsentrasi pada core fitur mereka yaitu social networking bukan mengembangkan fitur seperti email yang memang akan menjadi barang baru bagi Facebook.

Perkembangan yang sudah terjadi ialah redesign yang telah kita ketahui (redesign timeline), namun hal tersebut belum berjalan terlalu mulus karena masih banyak pihak yang pro dan kontra tentang perkembangan tersebut.

Masih banyak rencana perkembangan Facebook yang belum terwujudkan dan belum kita ketahui, sambil kita menunggu perkembangan selanjutnya bagaimana kalau anda berbagi dengan saya, sekiranya perkembangan seperti apa lagi yang akan dilakukan oleh Facebook??

Saya tunggu komentarnya😀

Sumber:

http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/websites/2163274-kelebihan-dan-kekurangan-facebook/#ixzz1px0Jsisl
http://requestartikel.com/kelebihan-dan-kekurangan-facebook-2011071141.html http://www.contentwritter.com
http://serbatiga.blogspot.com/2011/12/3-kekurangan-facebook-timeline.html
http://www.teknoup.com/news/11761/facebook-pasang-dua-fitur-keamanan-baru-untuk-hindari-ulah-peretas/
http://id-id.facebook.com/notes/bukan-sekedar-hiburan/pemanfaatan-jaringan-facebook-sebagai-media-pembelajaran/247621035269984?comment_id=4728745
http://road-entrepreneur.com/pemanfaatan-facebook-untuk-media-branding/
http://dailysocial.net/2010/02/09/kemanakah-facebook-akan-melangkah/

 

10 thoughts on “Ulasan tentang Facebook #lanjutan

  1. wah, lengkap banget ya ulasan tentang Facebooknya dan kurang setuju kalo Facebook jadi berbayar .
    ternyata ada postingan saya ya, hehe ..

    salam kenal ya ^_^

    • iya🙂
      minta bahannya ya mod, ga dicopas persis kok, saya ATM (amati, tiru, modifikasi) hehe, saya juga cantumkan sumbernya kok, izinin yah..
      salam kenal juga🙂

  2. Hey There. I found your blog using msn. This is a really well written article. I will be sure to bookmark it and return to read more of Ulasan tentang Facebook #lanjutan Tuntutan Profesi . Thanks for the post. I will certainly comeback.

    • you’re welcome😀
      it’s my pleasure to sharing this article, okee thank’s for your waiting for the next post, keep blogging for us🙂

  3. Ulasan tentang Facebook #lanjutan Tuntutan Profesi I was recommended this blog by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as no one else know such detailed about my difficulty. You are incredible! Thanks! your article about Ulasan tentang Facebook #lanjutan Tuntutan ProfesiBest Regards Craig

  4. Wow, wonderful blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your site is magnificent, let alone the content!. Thanks For Your article about Ulasan tentang Facebook #lanjutan Tuntutan Profesi .

    • hy..
      i just start it for a year, thank you for your appreciation to my blog..
      it’s my pleasure to sharing anything to the others, wait for the next post please😀

  5. Ulasan tentang Facebook #lanjutan Tuntutan Profesi I was recommended this blog by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my difficulty. You’re amazing! Thanks! your article about Ulasan tentang Facebook #lanjutan Tuntutan ProfesiBest Regards Nick

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s