PROGRAM MENU


     

         Salam blogggers, sekarang saya hanya ingin berbagi sebuah program dalam bahasa pemrograman Java lagi nih, kebetulan program ini saya pelajari dari praktikum saya di kampus. Programnya tentang pembuatan menu yang mempunyai 3 pilihan yaitu hitung, biodata, dan exit.

Langsung  aja deh yuk kalian lihat listingan programnya..

Pada program ini saya mengimport library dari swing, karena outputnya nanti saya ingin tampilkan dalam bentuk kotak dialog.

Bagi kalian yang tidak ingin menggunakan kotak dialog, silahkan konversi sendiri program ini menggunakan BufferedReader (sudah pada paham kan??)

Output dari program tersebut cukup banyak, saya berikan sebagian saja ya biar kalian penasaran dan mencoba sendiri programnya bahkan bisa kalian kembangkan lagi.

Sekarang lihat outputnya dulu yuk, ini saya misalkan saya memilih menu nomor 2..

jika kalian klik button ok tersebut, maka program akan kembali menampilkan pilihan menu seperti di awal tadi, yaitu 1. hitung, 2. biodata, dan 3. exit.

Untuk membuat program seperti ini saya menggunakan kondisi do-while lalu juga switch-case.

Pada program ini, saya berikan switch di dalam statement do, jadi program akan menjalankan semua perintah yang berada di dalam do {

Terdapat 3 case dalam program tersebut.

Case pertama yaitu untuk menu nomor 1. hitung. Di menu ini akan ada pengoperasian aritmatika biasa namun hanya saya berikan penjumlahan dan pengurangan.

Case kedua unutk menu nomor 2. biodata. Di sini saya mengggunakan perulangan for agar kita bisa mengisi lebih dari 1 data ke dalamnya. Mengapa yang keluar pertama ialah nama ke-0? karena di sini saya menggunakan array (kalian ingat kan kalau array dimulai dari 0?). Jadi seluruh data yang dimasukkan pertama kali akan memiliki nomor urut ke-0.

Terakhir yaitu case ketiga untuk menu nomor 3. exit. Menu terakhir ini dibuat untuk keluar dari program menu ini.

tapi ingat karena tadi di awal kita sudah menggunakan do, maka jangan lupa kalian berikan kondisi while di akhir program (seperti pada listing) agar program tersebut bisa berulang.

okee bloggers, sedikit penjelasan saya mengenai program ini, semoga dapat membantu kalian, dan bisa memberikan inspirasi untuk kalian agar bisa mengembangkan program ini, jika ada yang ingin berbagi lebih dengan saya jangan sungkan, saya tunggu di kolom komentar..

terimakasih atas kunjungan kalian, keep posting for us  :D

Leave a Reply

