Enkapsulasi pada Java


 

            Salam bloggers, selamat datang lagi pada blog TuntutanProfesi saya😀 . Postingan kali ini juga masih bagian dari tugas mata kuliah Pemrograman Berbasis Objek. Pertemuan kali ini saya diberikan sebuah tugas untuk mengupas tentang enkapsulasi dan memberikan contoh programnya.

            Sebelumnya, bloggers sudah paham belum mengenai apa itu enkapsulasi??? Kalau belum yaa ikuti penjelasan dari saya yuk, yang mudah-mudahan bisa membuat kalian yang tidak paham menjadi paham. Langsung saja…..

ENKAPSULASI (encapsulation)

            Enkapsulasi merupakan salah satu bagian dari konsep dasar pemrograman berbasis objek (OOP nih, masih ingat kan? Duh kalau lupa silahkan klik postingan saya yang ini nih >>> STRUCTURED PROGRAMMING VS. OOP ).

            Dilihat dari bahasanya, enkapsulasi berarti pembungkusan. Bila konsep ini diterapkan dalam sebuah program berbasis objek, maka pembungkusan yang dimaksud ialah membungkus setiap detail dari program (mau itu fungsi, dan detail lain yang masih berada di dalam suatu class) menjadi sebuah subprogram yang independent (berdiri sendiri).

            Tujuan dari enkapsulasi sudah cukup jelas bila dilihat dari pengertiannya yaitu untuk menyembunyikan setiap implementasi detail sebuah class agar terhindar dari akses yang ilegal. Oh iya perlu diketahui bahwa enkapsulasi didasari oleh 2 hal, yaitu :

1. Information hiding.

2. Interface to access data.

Sudah cukup paham? sekarang lihat contoh programnya yuk..

Contoh program enkapsulasi tersebut, saya buat menjadi program menu dengan beberapa pilihan. Pilihannya ada hitung data dan biodata.

Pada program tersebut saya membungkus detail dari 2 pilihan yang terdapat di menu menjadi 2 class, yaitu class hitung, dan class biodata. Saat user mengakses program tidak akan dipusingkan dengan implementasi kedua data yang ada di pilihan menu tersebut karena program sudah dibuat sedemikian rupa, sehingga saat user mengakses programnya, si program tinggal memanggil nama dari class-nya saja yang sesuai dengan pilihan menu yang dipilih nanti.

Saya buat seperti itu karena mengingat salah satu dasar dari enkapsulasi itu sendiri yaitu information hiding, yang bermaksud menyembunyikan setiap elemen yang digunakan.

untuk lebih jelasnya sekarang kita lihat output dari contoh program enkapsulasi tersebut…

 

 

Jadi inti dari enkapsulasi sendiri yaitu kita tidak perlu mengetahui apa yang ada di dalam object (class) itu, tapi yang kita butuhkan hanyalah cara memakainya dan apa yang akan dihasilkan dari program tersebut.

Bila dianalogikan program tersebut adalah sebuah piano, maka jika saya sebagai user, saya tidak perlu mengetahui proses seperti apa yang terjadi di dalam piano mulai dari saya menekan tutsnya sampai akhirnya terdengar melodi. Karena yang perlu saya ketahui hanyalah bagaimana cara memainkan piano tersebut dan mendapatkan alunan melodi indah yang keluar dari piano yang saya mainkan. Begitu pula dalam program yang menggunakan enkapsulasi ini.

Demikian yang bisa saya bagikan kepada kalian mengenai enkapsulasi, tugas ini merupakan tugas kelompok, dan partner saya dalam tugas ini ialah Adjie Putra Nugraha.

mungkin masih sangat kurang dalam pemaparannya, karena itu saya membutuhkan masukkan lebih dari para bloggers yang membaca postingan dan yang mengetahui lebih dalam tentang enkapsulasi.

Saya tunggu masukannya di kolom komentar ya😀

Terima kasih  atas kunjungannya😀

referensi :
https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:bsprbTKtn5AJ:student.eepis-its.edu/~sentul/Data%2520Kuliah/oop%2520pjj/pertemuan7%2520mine.pdf+pengertian+enkapsulasi+pada+java&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEEShiP1dq3LkhPuvHO3IgU_1AtvfvLoTx2Qn3je4zoX5vB1yK0-jmc4FvLix13hCzyUPfTDPdZx-9hBa9o0XT6X9ApMp9aIOvmi3XXx-iqMqtT-yQFEKvLG8SVnvRacI3t8kYvLlu&sig=AHIEtbTyOTbZho7TeL1hyKpa9wPX5SY5Kg

Leave a Reply

