Inheritance & Polimorfisme


          Hey bloggers, kita ketemu lagi nih. Postingan kali ini merupakan tugas dari mata kuliah Pemrograman Berbasis Objek dan partner sayapun masih ADJIE PUTRA NUGRAHA. Kali ini saya akan membahas bagian dari konsep dasar pemrograman berbasis objek lagi yang biasa disebut Inheritance dan Polimorfisme.

         Sebelum saya berikan contoh programnya, ada baiknya nih bloggers mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kedua istilah tersebut. Langsung saja kalian baca dulu yuk sedikit penjelasan dari saya…

          Istilah Inheritance atau pewarisan yang dikenal dalam pemrograman merupakan penurunan sifat atau pewarisan method dari suatu kelas ke kelas yang lain, dimana kelas yang diwariskan sifat bisa memiliki sebagian atau bahkan keseluruhan sifat yang dimiliki oleh kelas yang mewarisi.

          Suatu kelas yang mewariskan sifat biasa disebut dengan super class atau kelas induk, sedangkan kelas yang diwariskan biasa disebut dengan sub class atau  kelas turunan/ kelas anak.

         Sedangkan istilah polimorfisme dalam program biasanya merupakan modul atau metode yang memiliki nama yang sama, namun bisa melakukan aksi yang berbeda-beda. Polimorfisme juga merupakan fitur utama dalam pemrograman berbasis objek.

Sudah cukup jelas??

Sekarang kalian lihat contoh listing programnya..

Sekarang saya akan jelaskan sedikit dimana letak inheritance dan polimorfisme dalam listing pogram  tersebut.

Pada program testmobil tersebut, class Mobil merupakan super class, sedangkan class Kijang, class Escudo, dan class BMW merupakan sub class atau kelas turunan dari kelas Mobil yang otomatis memiliki sifat atau method yang berasal dari kelas Mobil. 

Dimana letak polimorfismenya?

bisa dilihat letak polimorfisme yaitu saat pemanggilan sub class pada main void. Main void memanggil setiap sub class dengan method yang sama namun dapat menghasilkan output yang berbeda-beda. Dengan kata lain, program tersebut memiliki beberapa kelas turunan dengan method yang sama namun dengan aksi yang berbeda-beda.

Untuk lebih jelasnya, kalian lihat saja output program di bawah ini…

Sekian penjelasan mengenai Inheritance dan Polimorfisme yang bisa saya sampaikan, masih sangat jauh dari kesempurnaan karena sayapun masih dalam tahap pembelajaran.

Bila para bloggers memiliki pandangan yang berbeda atau pengetahuan yang lebih mengenai postingan saya ini, silahkan anda share kepada saya dengan mengetikkannya pada kolom komentar.

Terima kasih atas kunjungannya😀

 

referensi : 
https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:p3540LwAPtkJ:viyan.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/15930/5_Pewarisan.pdf+
penjelasan+inheritance+dan+polimorfisme+dalam+Java&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESgPw8kcSdp4ZgLr1vPSl4heg2a5pg_J2-51HUFC3COuMDKFao3mu-jToumMPkqfB-7WOde71Ayrif2NeKd96FAlbQD98tcLVUEANo_N2–X8gzQvXP1CI_js5EvjpCVTwF-sBqr&sig=AHIEtbRPubdqasKcDSW20jf0nZ0JvIMg-A
http://java.lyracc.com/belajar/java-untuk-pemula/pewarisan-polimorfisme-dan-kelas-abstrak

2 thoughts on “Inheritance & Polimorfisme

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s