E-COMMERCE



            Pemanfaatan teknologi internet semakin meluas dan cepat sekali berkembang di berbagai bidang di seluruh bagian dunia, salah satunya di bidang bisnis. E-commerce merupakan salah satu dampak signifikan yang dihasilkan dari pemanfaatan teknologi internet yang inovatif. E-commerce telah lahir dan mulai digunakan sejak tahun 1965 sebagai salah satu alat bantu dalam melakukan bisnis suatu perusahaan.

            Tapi apakah pengertian sesungguhnya dari e-commerce tersebut? Memang banyak sekali pengertian dari e-commerce. Namun, bila ditinjau dari 3 aspek yaitu perdagangan (commerce), fungsi bisnis (business function), dan kerjasama (collaboration), e-commerce dapat diartikan sebagai aplikasi teknologi jejaring telekomunikasi (telecommunication network) untuk melakukan suatu transakasi bisnis, pertukaran informasi dan menjaga hubungan dengan konsumen selama, sebelum, dan setelah proses pembelian.

            Berdasarkan aktivitas transaksi antar penjual dan pembeli, e-commerce dibagi menjadi :

1. B2B (Business to Business) >> penjual dan pembelinya merupakan kelompok perusahaan bisnis.

2. B2C (Business to Customer) >> ini termasuk kelompok individual.

3. B2G ( Business to Government) >> ini merupakan kelompok pemerintah.

            Untuk pembuatan online shop di internet memerlukan software pendukung untuk mengatur segala inventarisasi barang dan transaksi jual beli barang. Contoh software yang sudah beredar di pasaran antara lain Intershop Online keluaran Intershop Communications, Merchant Server keluaran Microsoft Corp, dan Electronic Commerce Suite keluaran iCat. Software tersebut menggunakan database untuk menyusun katalog, biasanya database yang digunakan ialah DB2, Oracle, atau SQL. Namun software-software tersebut tentunya tidak dijual dengan harga murah.

            Tapi perlu anda ketahui, ada beberapa aplikasi gratis untuk membangun online shop, antara lain :

  • CubeCart
  • Drupal
  • OpenFreeway
  • Joomla
  • Magneto
  • WordPress
  • osCommerce
  • Prestashop
  • ZenCart

            Sudah cukup banyak website online shop yang sering saya kunjungi, dimana setiap akan membeli sebuah barang, hampir setiap online shop meminta kita sebagai user/customer untuk melakukan sign up (bagi yang belum pernah mendaftar)/login (untuk yang sudah terdaftar), setelah itu kita langsung dapat melihat-lihat katalognya dan bisa memasukkan barang yang kita minati ke dalam “shopping cart” atau kereta belanja kita, tapi barang yang sudah kita masuki ke shopping cart tersebut masih bisa kita cancel, kemudian jika sudah fix, tahap berikutnya kita memilih cara pembayarannya, tapi sejauh ini, kebanyakan online shop yang pernah saya kunjungi lebih banyak menggunakan cara pembayaran menggunakan transfer ke rekening si pemiik online shop tersebut.

            Tapi sekarang saya akan mengambil salah satu contoh website online shop yang sederhana untuk saya analisa sedikit, yaitu http://www.bilqisstar.com. Mengapa saya bilang sederhana? Karena…

–          Online shop tersebut dibut menggunakan salah satu aplikasi gratis yang sudah saya sebutkan sebelumnya, yaitu menggunakan WordPress. Seperti yang  kita ketahui, WordPress merupakan salah satu aplikasi weblog yang populer. Karena sifatnya yang mudah dikustomisasi dalam menambahkan plugin, maka WordPress dapat juga digunakan sebagai shopping cart. Salah satu plugin yang disediakan yaitu WP e-Commerce.

–          Pada website online shopping tersebut tidak diharuskan sign up/login terlebih dahulu (karena memang tidak tersedia). Jadi siapapun yang ingin bertanya ketersediaan barang, bisa langsung meninggalkan komentar di bagian bawah (ingat online shop ini menggunakan WordPress, sehingga penggunaannya sama seperti memberi komentar pada blog orang lain).

 

–          Jika barang yang tersedia ada yang kita minati, cara memesan barangnya mudah sekali, tinggal ikuti sesuai dengan yang tertera pada menu “cara pemesanan”.

–          Setelah ada konfirmasi berapa biaya keseluruhan (beserta ongkos kirim) yang harus kita bayar, kita tinggal memilih, ingin men-transfer ke bank mana, pilihannya tertera seperti ini.

–          Selesai. Nah, website online shop tersebut sudah bekerja sama dengan salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yaitu TIKI, maka kita tidak perlu khawatir mengenai “dengan jasa pengiriman barang apa barang saya akan diantar?”.

            Website online shop ini tidak terlalu banyak mempunyai aplikasi, karena website ini juga bisa dibilang sebagai blog, mungkin nanti takut terlalu berat dalam pengaksesannya jika diberikan banyak aplikasi. Tapi ada beberapa aplikasi yang tersedia yang bisa kita akses di website tersebut, antara lain :

1. Dari awal website ini berhasil dibuka, akan ada lagu yang berasal dari pemutar musik. Namun lagu tersebut bisa kita kendalikan, tetap didengarkan atau bisa juga kita matikan.

2. Ada daftar isi, sehingga kita bisa melihat katalog barang sesuai dengan judulnya, jadi terlihat lebih rapi.

3.Karena website ini menggunakan WordPress, maka dapat langsung terkoneksi dengan media jejaring social lainnya, seperti fb.

4. Terdapat pula aplikasi untuk chatting, seperti G-TALK, dan YM.

5. Terakhir, tersedia aplikasi yang menawarkan kepada kita agar menginputkan alamat e-mail kita, dan dengan begitu kita akan berlangganan dengan website tersebut. Jadi nanti semua update pada website tersebut akan masuk ke email kita.

            Menurut saya, membangun online shop yang digabung dengan blog ini memiliki keuntungan tersendiri. Karena, setiap terdapat update hal baru entah itu katalog atau apapun, maka blog kita pun akan sering diindeks oleh para search engine. Secara otomatis kita telah promosi blog sekaligus online shop secara gratisan, dan bisa jadi semakin banyak orang yang mudah menemukan website online shop tersebut.

 

SHARING ABOUT ONLINE SHOPPING

            Pengalaman saya dalam melakukan online shopping juga pernah saya lakukan di website http://www.bilqisstar.com tersebut. Saat itu saya ingin mencari jam tangan kembar, atau yang sering disebut dengan jam tangan couple. Itu juga karena kakak saya meminta saya untuk mencarikan beliau jam tangan, kebetulan saya pun ingin ikut membeli jam tangan.

            Setelah saya melakukan searching berkali-kali, akhirnya saya menemukan website tersebut, jadi langsung saja saya melihat-lihat katalognya dan memang sengaja saya mencari model yang sama untuk kami berdua. Jam yang di jual di websit ini ada yang original dan ada yang replika (alias KW). Berhubung uang tabungan di atm saya tidak cukup untuk membeli yang original, jadi saya memilih jam replikanya.

            Karena di website tersebut penggunaannya sama seperti blog, maka sebelum membeli saya meniggalkan komentar dulu untuk memastikan barang yang saya ingin tersedia atau tidak. Bisa di lihat, percakapan waktu itu seperti ini

Karena saya sudah mendapatkan konfirmasi bahwa barang yang saya inginkan masih tersedia, maka langkah selanjutnya saya tinggal mengikuti perintahnya, yaitu memesan ulang dengan mengirimkan sms menggunakan format yang sudah ditentukan. Setelah itu pihak yang berkait akan membalas dengan berapa besar biaya keseluruhan yang harus saya bayar. Berhubung online shop tersebut berada di Surabaya yang artinya jauh dari kosan saya, maka saya dikenakan ongkos kirim yang cukup besar. Tapi setelah itu saya tinggal pergi ke atm dengan memilih rekening mana yang akan saya transfer. Saat itu saya memilih untuk men-transfer ke rekening mandiri saja, karena BNI bank saya tidak terdaftar pada pilihan bank yang disediakan.

            Setelah transfer, maka tahap transaksi secara online pun selesai, saya tinggal menunggu barang saya datang. Kemudian, dalam waktu yang tidak terlalu lama yaitu 2 hari, barang sudah sampai di tempat saya dengan kondisi bagus.

            Sekian yang bisa saya sharing tentang e-commerce kepada kalian semua, terima kasih telah mengunjungi blog saya, jika masih banyak terdapat kesalahan mohon diberikan komentar, karena sayapun masih dalam tahap pembelajaran🙂

Referensi : 
ruangsoftware.com (aplikasi-e-commerce-yang-perlu-anda-ketahui-untuk-membangun-toko-online)
wartawarga.gunadarma.ac.id (e-commerce-51)
repository.unand.ac.id (Artikel_jurnal_Vera_Fujiani.doc)

Leave a Reply

