Menu Khas Saat Bulan Ramadhan di 6 Negara


Assalamu’alaikum bloggersšŸ˜€

alhamdulillah kita ketemu lagi nih (setelah sekian lama saya sibuk dengan tuntutan profesi saya hehe).

postingan kali ini agak beda ya bloggers, karena sekarang kan masih bulan Ramadhan, jadi saya terinspirasi untuk membuat postingan yang berhubungan dengan ibadah puasa (puasa = ibadah wajib bagi umat muslim, yang dilaksanakan di bulan Ramadhan).

dari judul postingan saya ini pasti kalian sudah bisa menebak dong saya mau menuliskan apa?

hehe, ya di sini saya akan mengajak kalian berwisata kuliner ke 6 negara (tapi lewat dunia maya aja ya, haha).

tanpa basa basi mending langsung aja yuk kita lihat-lihat menu ke 6 negera yang saya pilih, berangkaaaaaaaaat….

 

1. INDONESIA

haišŸ™‚

(sebagai bangsa Indonesia)Ā menu di atas pasti sudah sangat kita kenal, tak lain dan tak bukan nama menu tersebut ialah kolak. Seperti biasa, kolak biasanya berisikan buah-buahan mulai dari pisang, labu, kolang-kaling, ubi, dan lainnya, karena kita tahu tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan selama lebih dari 12 jam, maka kita pun harus cermat dalam memilih asupan yang akan kita makan saat berbuka, kolak ini sangat pas untuk asupan tubuh kitašŸ˜€

2. JEPANG

irasshaimasešŸ™‚

Menu berbuka di Jepang banyak macamnya seperti yang bisa kita lihat di atas. Untuk hidangan pembuka bisa disajikan teppanyaki,Ā Kani avocado salad (selada hijau renyah, dengan irisan alpukat dan daging kepiting bersama saus wijen), danĀ Nikudoufu (irisan daging sapi dan tahu). Sedangkan untuk hidangan utama adaĀ Yaki Zakana (ikan gindara bakar dengan taburan garam laut), dan Tori Katsu Roll (ayam gulung goreng berlapis tepung roti dengan bayam dan saus furai). Tidak ketinggalan adaĀ Sake Harasu Misoshiru (sup miso dengan irisan ikan salmon dan sayuran terdiri dari wortel dan lobak putih), tentunya sajian tersebut disajikan denganĀ gohan (nasi putih dan dilengkapi dengan acar khas Jepang yang terdiri dari lobak putih dan jahe).

3. Perancis

BonjouršŸ˜€

hehe, yaa bloggers menu favorit untuk berbuka di negara yang memiliki julukan “the city of lights” ini disebutĀ Poulet Au Romarin. Menu ini merupakan menu andalan yang berisikan ayam panggang yang dihidangkan dengan kentang panggang dan disajikanĀ dengan sayuran seperti lobak, wortel, daun rosemary dan timun (hmm menggugah selera ya :p).

4. ARAB SAUDI

ahlan wa sahlanšŸ™‚

ada sambusak nih bloggers, yang merupakan makanan ringan untuk berbuka di Arab Saudi. Kalau di Indonesia, bentuk seperti ini seperti pastel ya, nah kebetulan sambusak ini isinya pun seperti pastel, yakniĀ adonan daging sapi atau ayam cincang, bisa juga berisi kentang berbumbu, bawang, dan wortel. Bangsa sana biasa menyantap sambusak ini ditambah dengan hidanagan kopi.

5. BELANDA

hallošŸ˜€

sekarang kita ke Belanda yuk. hehe. Ā Poffertjes ini merupakan sajian pembuka di sana. Bahan utamanya yaitu terbuat dariĀ tepung yang dicampur dengan susu, sehingga rasanya gurih. Secara pribadi saya sendiri sudah pernah menyicipi sajian ini, untuk menambah cita rasanya, poffertjes ini disajikan dengan memberikan topping es krim yang dilumuri susu kental manis dan hiasan buah, atau ada juga yang disajikan sederhana yaitu hanya menggunakan taburan gula halus. (hmm, lembut sekali loh terasa di lidahnya :D)

6. INDIA

salamšŸ™‚

Ā Hyderabad Haleem ini asalnya dari India. Terlihat seperti kari ya? atau bahkan anda mengira ini soto? salah semua dugaan kalian. Sajian ini merupakanĀ bubur gandum tradisional dengan potongan daging domba dan rasanya pedas. Hmm berarti kalo di Indonesia, Ā Hyderabad HaleemĀ ini seperti bubur ayam ya (mungkin).

Okee bloggers, cukup ya kita kulinernya hehešŸ˜€

menjelang bulan Ramadhan ini berbagai sajian untuk berbuka memang banyak sekali tersedia, nah sajian yang di atas yang sudah saya kenalkan pada kalian merupakan salah satu sajian favorit di negara asalnya.

unik-unik ya bloggers?

kalian pasti penasaran dengan rasanya kan? haha sejujurnya sayapun merasakan hal yang sama :p

okee cukup ya untuk postingan saya kali ini, makasih ya untuk kalian yang sudah menyediakan waktu untuk membaca postingan saya kali ini, maaf kalau kurang lengkap dan banyak salah, karena saya sengaja hanya ingin mengambil contoh 6 negarašŸ™‚

Selamat berpuasa ya untuk semuayang menjalankannya, semoga seluruh amal ibadah kita bisa diterima di sisi Allah S.W.T, Amiiiin Ya RabbšŸ˜€

Wassalamu’alaikum bloggersšŸ˜€

referensi :
www.inilah.com
www.suarapembaruan.com
jurnal-ap.blogspot.com
www.radar-bogor.co.id
arisdianto.staff.ub.ac.id

dan lainnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s