Program Konversi Mata Uang


hallo bloggers, apa kabar nih? udah cukup lama ya kita ngga ketemu di postingan program, hehe..

langsung aja nih saya punya sebuah program menggunakan bahasa pemrograman Java, nah programnya itu tentang konversi mata uang dari rupiah ke tiga mata uang lainnya seperti dollar, euro, dan pound yang telah saya buat.

langsung saya kasih aja ya listingnya tuh seperti gini..

program ini tuh sebenarnya masih tergolong program sederhana menurut saya, tapi memang cukup kompleks karena masih pada ingat kan Java itu merupakan bahasa pemrograman yang sudah berbasis objek.

ya seperti yang saya katakan bahwa program ini masih program sederhana tapi kenapa listingnya cukup banyak ya?

karena di program ini saya menggunakan GUI (Graphical User Interface), jadi di awal programpun saya mengimport library swing yang kita ketahui sebagai primary dari GUI.

kemudian tahapan berikutnya yaitu kita membuat coding untuk pengaturan outputnya karena nanti output akan berbentuk kotak dialog.

di coding tersebut saya atur semua untuk outputnya mulai dari luas kotak output, judul kotak output, label, button, dan text field untuk inputan dan hasil output perhitungan konversi mata uangnya.

penasaran dengan hasilnya seperti apa?

nih lihat outputnya jadi seperti ini..

yaah sekarang kembali lagi seperti apa yang saya katakan, program konversi mata uang ini masih merupakan program biasa dan sederhana, saya pun belum terampil untuk membuatnya menjadi program yang lebih luar biasa.

bisa kalian saksikan sendiri kan bahwa nilai kurs yang saya buat hanya nilai statis yang tidak bisa menyesuaikan dengan nilai kurs yang berlaku saat ini atau bahkan untuk saat nanti, jadi perhitungannya pun masih perhitungan statis biasa.

nah, untuk para bloggers yang ingin membantu saya untuk mengubah program biasa ini menjadi program luar biasa sangat saya persilahkan, dan kotak komentar di bawah ini selalu terbuka lebar untuk menampung aspirasi dari kalian, jadi ya untuk para bloggers yang udah sempat mampir ke postingan saya ini dan para bloggers yang mempunyai ilmu lebih dari ini, saya mohon jangan segan ya untuk memberikan komentar tentang postingan saya dan kalau ada yang bisa membuat program ini menjadi dinamis yaa nggak ada salahnya kan kalau di share dengan saya? karena saya juga masih dalam tahap pembelajaran, jadi ya mohon bimbingannya🙂

berbagi ilmu itu baik loh, asalkan masih dalam batasan yang wajar🙂

tapi sok tahunya saya yang namanya belajar memang nggak ada batasannya, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali..

tapi lebih baik lagi kalau kita buat momentum sekarang daripada menundanya🙂

semoga sedikit ilmu yang telah saya berikan bisa bermanfaat ya untuk kalian, dan maaf kalau masih banyak kesalahan🙂 makasih ya bloggers udah mau mampir ke blog ini, jangan bosan ya untuk tunggu postingan berikutnya lagi😀

One thought on “Program Konversi Mata Uang

  1. Pingback: Kegiatan Pengembangan dalam Bidang Sistem Informasi | Tuntutan Profesi

Leave a Reply

