Kegiatan Pengembangan dalam Bidang Sistem Informasi


Halo bloggers, ketemu lagi di blog tuntutan profesi saya ini🙂

postingan kali ini saya akan berbagi cerita dan pengalaman dengan kalian semua mengenai beberapa kegiatan yang saya lakukan dalam hal pengembangan sistem informasi.

Seperti yang sudah kalian ketahui sebelumnya bahwa saya merupakan mahasiswi yang berkecimpung di dunia teknik informatika, dan kalian tahu dong kalau sistem informasi tersebut merupakan bagian yang terhubung dengan teknik informatika? Pasti tahu lah ya..

Langsung saja ya simak pengalaman dari saya..

                Dari awal saat saya menyelami dunia teknik informatika sejujurnya saya sangatlah awam dalam hal tersebut (bahkan sampai sekarang juga mungkin ilmu saya masih belum ada apa-apanya). Namun saya bekerja keras agar saya bisa memahami sedikit demi sedikit tentang apa yang telah saya pelajari. Sejauh ini saya  akui belum banyak hal yang bisa saya lakukan dalam bidang pengembangan sistem informasi. Namun dari awal saya belajar, saya mulai diajari bagaimana cara membuat blog pribadi yang gunanya agar saya bisa berbagi dengan kalian semua tentang ilmu apa saja yang saya dapatkan. Sehingga terbentuklah blog ini yang menurut saya sih sekarang sudah sedikit berubah fungsi, karena bagi saya blog bukan hanya untuk berbagi tugas, tapi seperti bloggers ketahui bahwa blog tuntutan profesi ini isinya tak sekedar berbagi tugas, tapi ada juga cerita pengalaman dalam kehidupan saya, promosi tentang bisnis keluarga saya, bahkan sampai menjadi penyalur hobi saya (sesuai dengan menu pada blog ini).

                Selain itu, kembali kepada tuntutan saya sebagai mahasiswi yang menggeluti dunia teknik informatika, bloggers tahu kan bahwa lulusan saya ini mayoritas dituntut menjadi programming, tapi sebenarnya incaran saya ialah menjadi sistem analis, eits.. ternyata programming memang syarat mendasar loh, karena siapapun yang mau jadi sistem analis harus mempunyai pengalaman menjadi programming minimal 3 sampai 5 tahun loh (dari berbagai sumber). Oleh sebab itu saya mulai mempelajari beberapa bahasa pemrograman mulai dari QBasic, Java, Pascal, Python, Ruby, Delphi,  VB, dan C/C++ sudah pernah saya sentuh semua. Seperti yang anda ketahui juga bahwa tak jarang saya suka berbagi codingan program dengan anda walaupun sebagian program memang program yang diajarkan pada saat praktikum di kampus namun berhasil saya manipulasi dan kembangkan sedikit. Seperti program yang berjudul TEMBAK (<<klik untuk melihat). Tapi ada juga program yang dibuat karena tugas dari perkuliahan, yaitu program KONVERSI MATA UANG (<<klik untuk melihat). Dan yang terakhir ada juga program yang berhasil terbentuk karena keisengan diri saya sendiri yang penasaran ingin membuat program KONVERSI SUHU (<<klik untuk melihat). Kendala yang saya dapatkan di sini ialah sangat mendasar sekali, ya saya masih bingung untuk membedakan beberapa bahasa pemrograman yang telah saya pelajari. Tapi saya ingin belajar fokus untuk mendalami satu bahasa pemrograman yang sekiranya diprediksikan paling populer di pasaran saat ini dan nanti.

                Keamanan dalam dunia informasi juga sangat penting dan dibutuhkan. Serangan dapat datang dengan berbagai macam bentuk. Mulai dari virus, malware, dan juga dari para hacker. Saya mempunyai kakak yang kebetuluan kuliahnya juga selinier dengan jurusan saya ini. saat itu beliau sedang ada proyek mengenai penganalisisan terhadap malware yang biasa disebut dengan Trojan. Beruntungnya saya mempunyai rasa penasaran yang tinggi, sehingga saat kakak saya mengotak-atik komputernya, saya pun ikut memerhatikannya, dan pada akhirnya saya pun kecipratan ilmunya. Saat itu beliau mengajari saya bagaimana cara mendeteksi dan mengidentifikasi keberadaan malware tersebut. Sesungguhnya langkah-langkahnya cukup panjang (saya sendiri juga tidak terlalu hafal) dan harus mengambil dari segala kemungkinan, karena Trojan memiliki kemampuan tak terbatas dalam melakukan remote access terhadap komputer yang terinfeksi. Ada beberapa teknik yang digunakan dalam mengidentifikasi malware tersebut, salah satunya ialah dengan Surface Analysis (deteksi dengan cara melihat dari tipe file dan bentuk file tanpa dieksekusi /  secara blackbox). Dibutuhkan tools khusus untuk mendukung deteksi tersebut seperti, CFF Explorer, Bintext, dan Trid. Selain deteksi, ada juga cara untuk mengantisipasi keberadaan Trojan tersebut, antara lain sebagai berikut :

1. Aktifkan Firewall pada computer

2. Gunakan Anti virus pada komputer

3. Gunakan tools anti trojan karena biasanya anti virus biasa kurang efektif mendeteksi trojan

   Tools: anti trojan drweb

4. Disable remote access bila tidak digunakan:

   Mycomputer-> click kanan -> Properties -> tab Remote

  

                Untuk menambah ilmu saya lagi, akhirnya saya mengikuti seminar dengan tema yang linier dengan jurusan saya ini. saya pernah mengikuti seminar tentang teknologi AR (augmented Reality) yang lebih jelasnya sudah pernah saya jelaskan dalam postingan saya yang berjudul AR (<<klik untuk melihat). Sampai akhirnya pada saat ini saya berniat untuk membuat suatu inovasi dari AR entah itu game atau aplikasi lainnya yang nanti dapat di-running pada smart phone berplatform android. Proyek ini memang belum sempat dilaksanakan, tapi saya dengan beberapa rekan saya sudah sama-sama bertekad untuk mewujudkan dan menjalankan proyek tersebut. Langkah yang sedang kami ambil saat ini ialah mencari bahan-bahan seperti ide inovasi dan spesifikasi laptop yang sekiranya mampu (support) untuk menjalankan seluruh aplikasi yang akan kami pakai nanti yang ternyata syaratnya memang memiliki spesifikasi cukup tinggi. Nah, sambil menunggu kesiapan dari segala aspek yang sekiranya dibutuhkan, kebetulan sekarang sedang ada acara COMPFEST yang diadakan di Universitas Indonesia, salah satu acaranya ada seminar yang saya pikir bisa membantu saya, namun kendalanya dalam pendaftaran tersebut kuota dibatasi, dan syarat mendaftarnya harus disertai dengan motivasi kita dan nanti akan diseleksi dari pihak panitia. Saya telah mendaftar dan dalam waktu 3 hari saya mendapatkan balasan email yang berisi bahwa saya diterima sebagai salah satu peserta seminar, saya sangat beruntung dan semangat sekali untuk mengikuti seminar tersebut, namun sampai sekarang rekan saya yang ikut mendaftar belum mendapatkan email balasan. Saya hanya berharap dengan saya mengikuti seminar tersebut nanti bisa membantu saya mewujudkan proyek yang telah saya rencanakan tersebut.

                Baiklah bloggers, sekian pengalaman saya yang bisa saya bagikan kepada anda. Petiklah jika memang ada manfaatnya, namun saya mohon maaf jika terdapat kata-kata yang tidak enak untuk dibaca. Saya hanya berharap pengalaman saya ini bisa bermanfaat dan bisa memotivasi anda juga.

 

Terima kasih atas kunjungannya😀

Leave a Reply

