Google SketchUp Review


                Hey bloggers, kali ini saya akan berikan postingan baru yang masih berkecimpung dalam tugas perkuliahan saya. Pada semester ini saya disibukkan dengan  desain grafik, game, dan sejenisnya, oleh sebab itu postingan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai salah satu software grafik yang tergolong open source.

                Saya tertarik dengan software grafik bernama GoogleSketchUp. Mengapa demikian? Karena dari beberapa sumber yang saya dapatkan, Google SketchUp menawarkan berbagai kemudahan dan bantuan dalam membuat desain grafik permodelan 3D untuk para pemula dan designer kelas menengah.

                Bantuan yang ditawarkan meliputi video tutorial, tips dan trik, dan juga pusat bantuan. Google SketchUp merupakan software grafik yang terbentuk dari bahasa pemrograman Ruby. User interface yang digunakan cukup mendasar dan sederhana sehingga beberapa program bisa menjadi terlihat luar biasa. Template yang disediakan untuk para user mencakup template desain arsitektur, pertukangan, Google Earth modeling, dan rencana dasar.

                Tersedia toolbar di bagian atas jendela yang meliputi pilihan menu yang tidak asing lagi seperti, File, Edit, dan View. Ada juga menu pilihan untuk mengatur perintah tata kamera dan alat-alat lainnya. Sedangkan toolbox berada di samping berisi alat-alat untuk membuat dan mengedit bentuk, garis, dan bangunan bahkan bisa menambahkan menggunakan Google Earth (Anda harus menginstal plug-in pertama terlebih dahulu).

                Sejujurnya saya sendiri tidak mempunyai pengalaman khusus dalam mendesain bangun ruang dengan menggunakan syarat grafik 3D. tetapi setelah saya menginstall Google SketchUp dan mencobanya, terbukti bahwa software ini tergolong mudah untuk para pemula. Selain itu, software ini tersedia dalam dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Saat anda menyelesaikan proyek anda dengan Google SketchUp, anda dapat menempatkan hasil desain anda di Google Earth, lalu anda bisa berbagi dengan orang lain, caranya langsung saja posting hasil desain anda ke 3D Warehouse, atau cetaklah agar menjadi hard copy.

                Google SketchUp juga menawarkan beberapa fitur baru seperti  maps langsung ke SketchUp yaitu menambahkan geo-lokasi untuk hasil desain model anda dalam satu-aplikasi proses. Sekarang warna citra dan medan yang dihasilkannya juga lebih akurat.

                Penasaran kan seperti apa serunya mendesain dengan Google SketchUp? Tunggu postingan saya berikutnya yaaa…

                Makasih bloggers sudah menyempatkan diri untuk mampir ke blog saya ini😀

referensi : download.cnet.com

Leave a Reply

