Creating Object with Google SketchUp


               Hey bloggers😀

                Kali ini saya ingin memenuhi janji saya yang tertera pada postingan “Google SketchUp Review” yaitu mendesain sebuah objek menggunakan software tersebut. Di postingan ini saya akan mengajak kalian untuk membuat objek dimana objek yang ingin saya buat adalah rumah. Rumah yang saya buat ini sangat sederhana ko bloggers, jadi kalau kalian sudah punya softwarenya mungkin kalian bisa dengan mudah mengikuti petujuk dari postingan saya kali ini (yaah sebut aja ini tutorial).             

                Nggak usah pake basa basi lagi ya bloggers, langsung aja ikutin langkah-langkahnya dibantu sama screen shootnya juga ko, yuk mulai…

 

                Saya langsung mulai dari tampilan awal ya, bisa dilihat pada screen shoot, itu merupakan tampilan awal dari Google SketchUp tersebut, langsung saja kalian pilih atau klik “start using sketchup”.

 

                Setelah itu akan tampil sebuah template standar yang akan kita gunakan untuk membuat rumah tersebut.

                Langkah awal yang saya buat untuk membuat rumah ialah membuat lahannya terlebih dahulu menggunakan tool bernama “rectangle”. Buatlah luasnya sesuai keinginan anda atau bisa juga mengikuti seperti yang saya buat.

                Jika sudah, maka bisa dilanjutkan dengan membuat kotak di dalam lahan yang sudah kalian buat tadi. Masih menggunakan tool yang sama. Buatlah sedemikian rupa sehingga terlihat seperti yang sudah saya kerjakan.

                Dilanjutkan dengan menggambar kotak lagi masih dengan tool yang sama sehingga sekarang kita mempunyai 3 kotak. Namun kali ini ditambah dengan klik tool bernama “make component” karena kita ingin menggabungkan kotak kedua dan ketiga yang baru saja kalian buat.

                Kemudian, jika kedua kotak terakhir telah menjadi komponen, maka kita bisa membangunnya kea rah vertikal menggunakan tool bernama “push/pull” sampai terlihat seperti contoh yang saya buat.

                Dilanjutkan lagi dengan menggambar detail rumah sederhana, yaitu terdapat pintu, ventilasi, dan jendela seperti pada contoh yang saya buat. membuat garis-garis seperti itu bisa saja hanya dengan menggunakan tool “rectangle”, lalu untuk ventilasi yang berbentuk seperti setengah elips di situ saya menggunakan tool “arc”. Jika semua sudah terbentuk, jangan lupa untuk menggabungkan beberapa garis menjadi komponen, karena nanti akan kita lanjutkan dengan cara berikutnya.

                Yaitu kita buat sedemikian rupa agar detail rumah terlihat mempunyai bentuk yang menyerupai aslinya yaitu memiliki lekukan di sudut tertentu. Gunakan tool yang sama untuk membangun yaitu “push/pull” sampai bisa terlihat efek 3D-nya.

                Sekarang tahapan yang dianggap sulit tapi sebenarnya ini mudah karena saya masih membuatnya secara sederhana. Tahap pembuatan atap rumah. Gunakan “tape measure tool” dimulai patokannya dari sudut sebelah kiri depan rumah tapi ambillah posisi “midpoint”, lalu tarik tool tersebut hingga kira-kira berada di tengah seperti letak garis titik yang saya contohkan.

                Lalu dibantu dengan tool “protractor” untuk membantu membuat sudut si atap yang kalian buat. kali ini dimulai pada sudut kiri depan rumah dan ambil posisi “end point” tapi ambil di sudut paling atas. Tariklah tool tersebut hingga membuat sudut yang kalian inginkan.

                Lanjutkan dengan memperjelas garis titik-titik yang sudah dihasilkan tadi menggunakan tool “line” hingga terlihat bentuk segitiga. Lihat pada contoh sudah cukup jelas.

                Jika sudah terbentuk segitiga, maka tinggal kita tarik segitiga tersebut dengan tool “push/pull”. Tarik hingga ujung sudutnya yang sejajar. Lihat pada contoh.

                     

                Nah sekarang sudah memasuki tahapan akhir dari pembuatan rumah sederhana ini. tahapan ini cukup mengasikan tapi justru merupakan tahapan yang paling membingungkan. Karena pada tahapan ini digunakanlah tool “paint bucket” yaitu untuk memberikan warna kepada objek yang telah kita buat. kalian warnailah seluruh objeknya sesuai selera kalian atau boleh juga mengikuti seperti yang saya buat.

                 

                Selesai, bisa dilihat tampak samping kanan dan kiri dari rumah sederhana 3D yang saya buat. sebenarnya bisa kalian buat lebih detailnya untuk isi rumah, karena isi rumah juga bisa terlihat di sini, tapi saya tidak membuatnya sedetail itu karena sayajuga baru mempelajari menggunakan software Google SketchUp ini.

                Mungkin cukup sekian tutorial yang bisa saya bagikan kepada anda semua bloggers🙂 saya sadar masih jauh dari kata sempurna. Tapi semoga postingan saya ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya😀

Salam bloggers🙂

Leave a Reply

