What’s on your mind about 3D Rad?


                Halo bloggers😀

                Jangan bosen-bosen ya untuk mampir ke blog ini, lumayan bisa dapet ilmu walaupun sedikit tapi semoga bermanfaat. Postingan saya kali ini masih seputar tugas dari kampus nih bloggers. kali ini saya disuruh mencari tahu tentang game engine beserta mengulas salah satu software game engine tersebut. Bloggers paham dengan “apa itu game engine?” kalau belum yaaa silahkan deh diintip sedikit penjelasannya……

               

                Bloggers, Game engine merupakan framework atau tool yang juga merupakan software khusus untuk membuat game. Dalam game engine terdapat fitur-fitur pada game yang sulit dibuatnya. Namun fitur pada game engine tersebut sudah dibuat sedemikian serupa sehingga automatis terpakai. Contoh fitur yang tinggal dipakai misalnya membuat dunia permainan 3D, menaruh objek-objek ke dalam dunia tersebut, animasi, kecerdasan musuh, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, waktu pembuatan game bisa dipangkas menjadi sangat signifikan. Jadi Anda tinggal install, pelajari cara menggunakannya, lalu tinggal drag-and-drop objek-objeknya. Namun, karena game engine berfungsi sebagai middleware, kekurangannya adalah kurangnya keleluasaan kita dalam berkustomisasi.

          Dengan menggunakan game engine maka kita bisa  mendapatkan editor visual dalam pemakaian komponen-komponen sebuah game. Berbagai tool tersebut biasanya berupa Integrated Development Environment (IDE) sehingga nyaman sekali dipakainya. Biasanya komponen-komponen tersebut bisa kita kembangkan lagi atau diganti dengan komponen lain yang lebih sesuai dengan keinginan kita.

 

                Jenis-jenis dari game engine tersebut cukup banyak. Tapi dikesempatan kali ini saya hanya akan membahas salah satu saja, yaitu game engine yang bernama 3D Rad. Mungkin sebagian dari para bloggers sudah kenal dengan 3D Rad, tapi bagi yang belum kenal dan masih merasa asing dengan 3D Rad itu jangan khawatir, karena di sini saya akan coba menceritakan kembali sedikit tentang 3D Rad yang saya ketahui dari beberapa sumber.

 

3D Rad

                3D Rad dikenal sebagai freeware yang biasa digunakan untuk membuat game 3D, aplikasi 3D interaktif dan fisika berbasis simulasi untuk Microsoft Windows XP/Vista/7. 3D Rad mempunyai tujuan sebagai penyedia alur kerja pembangungan sederhana tanpa harus mengorbankan fleksibilitas. 3D Rad mempunyai editor yang biasa berisi kumpulan komponen yang disebut objek. objek tersebut bisa dimanipulasi dengan dikombinasikan dan dikonfigurasikan menggunakan berbagai macam cara. 3D Rad memungkinkan kita yang kurang pandai dalam bahasa pemrograman bisa menciptakan proyek yang kompleks, karena 3D Rad menggunakan minimal scripting. Sesuai perkembangan desain yang mengharuskan berorientasi objek, maka 3D Rad mendukung scripting (via AngelScript) yaitu script yang dibuat para user dan modulnya dapat diterapkan dan diinteraksikan dengan benda-benda lain juga script yang lainnya.

 

Visual Editor

                Dalam 3D Rad, seluruhnya hampir menggunakan pergerakkan mouse. Objek pada geometri dapat dikombinasikan secara visual pada cuplikan (preview) adegan.  Visual editing juga didukung secara pasti dalam menelusuri zona deteksi.

 

File Format 3D

                3D Rad mendukung model 3D dalam format file DirectX (. X ekstensi file). Format tekstur yang didukung adalah BMP, JPG, DDS, PNG, TGA. Animasi 3D dapat berbasis kerangka atau frame-by-frame.

 

Rendering

                Efek seperti refleksi, refraksi, plasma glow, dan pemetaan benjolan dapat diaktifkan dengan memilih shader dari daftar drop-down / pengaturan parameter numerik pada dialog properti. Model pencahayaan mendukung cahaya directional, titik lampu, per-pixel shading, bayangan volumetrik, cahaya-peta, bayangan-peta dan kabut.

 

Visual Effects

                Berbagai efek khusus seperti kebakaran, asap, lensa suar atau air animasi yang didukung oleh jenis objek khusus (misalnya emitter partikel, sprite) yang biasanya dikombinasikan dengan yang dibuat pengguna jerat atau gambar. Post-pengolahan efek seperti mekar, blur, dapat diaktifkan dengan mengkonfigurasi objek kamera.

 

Views Mode

                Mendukung view mode orang pertama (firstperson) dan juga orang ketiga (third-person). Beberapa fitur seperti  kamera switchable, layar split dan efek built-in kamera-gemetar  juga tersedia.

 

Artificial Intelligence

                Karakter sederhana A.I. dapat dicapai dengan menggabungkan benda visual. Untuk perilaku kecerdasan buatan yang lebih kompleks, scripting disarankan. Kita bisa menggunakan fitur AngelScript yang telah disediakan  agar game yang dihasilkan lebih menarik.

 

Jaringan dan Multiplayer

                3D Rad mendukung satu set lengkap fungsi jaringan (melalui scripting) yang dapat digunakan secara real-time pada PC remote terhubung, simulasi diproses pada mesin lokal, untuk bertukar string tekstual antara komputer terhubung, untuk men-download karya seni dari server jauh dan menerapkan generik multi-player fungsi.

 

 Efek-efek suara dan Musik

                Sedangkan format yang dapat digunakan baik sebagai emitter suara 3D di ruang virtual atau sebagai stereo ‘global’ suara biasanya digunakan musik latar belakang dan antarmuka musik sebagai suara latar, file audionya bisa berformat WAV, OGG, ataupun SFX.

 

Addons

                3D Rad memiliki sistem addon kuat yang memungkinkan kombinasi dari objek yang akan diekspor sebagai siap digunakan addons. Ini berarti bahwa bahkan pengguna pemula dapat menggunakan objek yang kompleks seperti pesawat terbang atau ragdolls tanpa membuat mereka dari awal.

 

                Selesai bloggers 🙂

                Sekian ulasan mengenai game engine juga 3D Rad yang bisa saya ceritakan kepada kalian semua, semoga bisa bermanfaat ya…

                Makasih udah berkunjung ke blog ini, salam bloggers😀

 

Referensi :
http://www.kikasyafii.com
en.wikipedia.org
http://www.tabloidpcplus.com
 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s