Penggunaan Database Suatu Perusahaan


          Apa kabar bloggers??  :D

        Postingan kali ini, saya akan mencoba untuk memaparkan secara singkat mengenai penggunaan database sebuah perusahaan. Perusahaan yang menjadi sudut pandang ini merupakan perusahaan kecil yaitu warnet.

        Sangat kita ketahui, konsumsi internet di kalangan masyarat saat ini telah menjadi kebutuhan primer, namun belum semua daerah dapat menjangkau internet tersebut terutama di daerah terpencil yang masih sedikit jumlah penyedia layanan jasa internetnya.

        Warnet ini berdiri kurang lebih 3 tahun yang lalu. Pemiliknya mempekerjakan 2 orang sebagai operator yang bertugas untuk memonitoring dan mengoperasikan system billing. Warnet ini memiliki 10 bilik client yang dapat dikendalikan dengan aplikasi billing pada computer server. Lalu pemilik akan mendapatkan laporan akhir dari semua kegiatan yang berlangsung pada warnetnya melalui tools yang terdapat pada billing yang berfungsi sebagai penyimpan segala file database warnetnya.

        Aplikasi utama yang digunakan oleh warnet ini bernama Billing Exploler Deskpro6 2007 F9 dan database Access. Perusahaan ini tidak memberikan informasi yang lengkap mengenai penggunaan databasenya. Namun, secara umum, penggunaan database warnet ini digunakan untuk Report Database per hari/bulan/tahun, jumlah transaksi, dan juga File Database Member.

      Warnet ini tidak hanya bergerak dalam satu bidang penyedia layanan jasa internet saja, namun warnet ini juga memperjual belikan suatu barang. Oleh sebab itu warnet ini juga menggunakan database untuk menyimpan keterangan barang. Selebihnya, hanyalah administrator (pemiliknya) yang berhak untuk mengakses database lainnya.

       Dari data yang telah diperoleh, maka dapatlah dirancang sebuah ERD (Entity Relationship Data) warnet tersebut. Dapat dilihat rancangannya seperti gambar di bawah ini.

ERD

Dari setiap entitas di atas memiliki atribut sebagai berikut :

ATRIBUT 1

ATRIBUT 2

        Dari rancangan tersebut dapat terlihat dengan jelas bahwa pada billinglah terjadi proses utamanya. Masing-masing entitas memiliki primary key yang berkumpul /dimiliki juga pada billing. Jadi billinglah yang berperan penting dalam database warnet tersebut. Billing yang mengendalikan dan menyimpan segala kegiatan maupun transaksi yang terjadi pada warnet tersebut.

        Sekian pemaparan mengenai penggunaan database perusahaan yang dapat saya berikan, semoga bisa menambah wawasan, dan maaf bila terdapat kesalahan kata maupun data, terima kasih😀

Thank’s to :
Hasan (Altas.net owner)

2 thoughts on “Penggunaan Database Suatu Perusahaan

  1. Pingback: RESUME SISTEM BASIS DATA PERTEMUAN 1 | rikomindage

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s