TRICK ART’S INDONESIA


Hello bloggers, nice to meet you again😀

Rasanya udah lama ya saya ngga menyapa kalian, hehe maaf ya terlalu sibuk dengan dunia saya di luar sana..

        Naah, untuk mengobati rasa kangen kalian para pembaca setia blog “tuntutan profesi” ini, saya akan menghadirkan sebuah postingan baru yang cukup “WAH” (terutama bagi saya).

        Mengapa saya katakana demikian? Karena postingan saya kali ini ialah pengalaman pertama saya dalam menghadiri sebuah acara “spectacular” yang pernah ada di Indonesia. Adakah yang bisa menebak acara apa yang saya maksud?? Acaranya berlangsung baru-baru ini kok (dari tanggal 3 Desember 2012 – 3 Februari 2013).

        Ya, dari judul postingan saya saja kalian sudah bisa menebak kan? Benar, acara yang saya hadiri ialah acara “Trick Art, Japanese 3D Painting Exhibition”. Acara tersebut berlangsung di West Mall Grand Indonesia lantai 5. Saya berkunjung ke acara tersebut pada tanggal 29 Januari 2013 bersama rekan tercantik saya (hmm lebih tepatnya “she’s my agent”).

me with my agent

Haha sekarang, sebelum saya pamerkan beberapa foto saya saat menghadiri acara tersebut, saya ingin bertanya kepada kalian.

Acara apa sih “Trick Art” itu??

Bagi kalian yang belum mengetahuinya tidak perlu khawatir, karena saya akan coba untuk menjelaskannya sedikit.

        “Trick Art” merupakan sebuah acara pameran lukisan 2 dimensi yang diberikan sentuhan efek 3 dimensi. Sudah bisa dibayangkan belum? Intinya, semua gambar yang akan saya tunjukkan nanti hanyalah lukisan 2 dimensi, namun efeknya ialah mengilusikan penglihatan anda sehingga saat anda melihat gambarnya nanti akan terlihat lebih nyata dan lebih hidup.

        “Trick Art” dipelopori oleh seniman asal Jepang yang bernama Kazumune Kenju. Pada tahun 1987, beliau yang mendirikan SD Corporation telah menghidupkan kembali studio bernuansa Era Renaissance Italia. Sejak saat itu beliau bersama semua rekannya saling bekerja keras untuk menghasilkan karya-karya baru yang nantinya akan dipertunjukkan di Museum Trick Art dan pameran Trick Art di seluruh Jepang. Keberhasilannya sejak saat itu telah menjadikannya Go International, sehingga seluruh karyanya dapat dipertunjukkan di beberapa Negara besar lainnya. Indonesia termasuk salah satu Negara beruntung yang dapat menggelar pameran Trick Art tersebut. Setelah pertunjukkan Trick Art di Indonesia selesai, pertunjukkan berikutnya akan digelar di London.

          Okee bloggers, saya rasa cukup untuk perkenalan Trick Art-nya. Sekarang ialah saat yang paling kalian nanti-nanti, yaitu melihat hasil karyanya yang terdapat pada Trick Art di Indonesia. So, here you goooo….

Monalisa

Lukisan pertama yang saya temukan ialah lukisan yang sudah sangat terkenal sekali yaitu Monalisa.

          Efek pada lukisan ini terletak pada matanya. Jika kita menatap matanya dari arah manapun, maka lukisan tersebut seakan-akan mengikuti arah gerak dan sudut tatapan kita.

Nyonya Genit

Dilanjutkan dengan lukisan “nyonya genit”. Haha, kenapa saya sebut demikian?

Bisa dilihat sendiri, efek 3D yang diberikan pada lukisan ini membuat “Si Nyonya” seakan-akan bisa mencolek saya.

Mrs. Fatty

Kemudian ada lukisan “Mrs. Fatty” (nona gemuk). Memang terlihat gemuk sekali bukan??

Efek 3D lukisan ini dapat dilihat saat saya mendekati tubuh saya ke sisi sebelah kanannya, lalu saya memegang pinggang saya menggunakan tangan kiri. Sekarang lihatlah gambar secara teliti, saya terlihat seperti dipeluk “Mrs. Fatty” bukan?

fake frame

“fake frame” ya, ini hanyalah frame palsu yang bolong di tengahnya. Sehingga para pengunjung dapat berpose sesukanya dalam frame tersebut.

Efek 3D-nya terlihat seakan-akan frame tersebut mempunyai bentuk yang terlihat seperti relief yatiu ada bagian yang timbul da nada bagian yang agak ke dalam padahal sesungguhnya sekali lagi itu hanyalah ilusi mata anda.

matador

Selanjutnya ialah lukisan sebuah kain merah dan banteng.

Dapat kalian lihat, saya seakan-akan berperan sebagai matador yang sedang menantang banteng dengan kain merah tersebut. Efek 3D-nya yaitu kain merah yang terlihat lipatannya seakan-akan saya benar-benar memegangnya, dan sang banteng yang terlihat menyeruduk kain tersebut.

creep

lukisan berikutnya ialah terdapat sebuah ruang yang lebih menipu penglihatan anda.

Efek 3D-nya yaitu seakan-akan saya dapat merayap di bagian atap, dan ada seorang penjaga yang menyadari keberadaan saya yang menunjuk ke arah diri saya.

Tokyo Tower

Karena asal-usul pertunjukkan ini berasal dari Jepang, maka tidak lengkap rasanya jika saya tidak mengabadikan diri saya yang mencoba untuk menaiki Tokyo Tower ini.

Efek 3D yang diberikan pada Tokyo tower ini ialah seakan-akan saya dapat memanjatnya dan berpegangan pada ujung (hampir ujung sih, hehe) tower ini.

illusion room

Kemudian, lagi-lagi terdapat sebuah ruangan yang sangat bisa mengilusikan penglihatan anda.

Efeknya 3D-nya sangat terlihat bukan? Disebelah kiri yaitu ada rekan saya yang terlihat seakan-akan menjadi lebih besar, sedangkan saya di sebelah kanan menjadi terlihat kecil sekali.

squid's ink

sekarang saatnya “Mr. Squidy” marah dengan saya, karena sudah mengganggu ketenangannya.

Efek 3D dari lukisan ini ialah, Sang cumi-cumi yang coba menyerang saya dengan mengeluarkan tinta hitamnya dan mencoba untuk keluar dari dinding tersebut.

shark's attack

Berikutnya ada jebakan dari ikan hiu ini. saya dan rekan saya terlihat seperti terperosok dari jurang, dan ternyata di bawahnya sudah terdapat hiu yang memangsa kami.

Efek 3D dari hiu ini adalah munculnya hiu dari kedalaman air yang terlihat lebih nyata dan pose saya yang sedang membuka mulutnya dengan cara menahannya dengan kaki untuk menyelamatkan rekan saya itu membuat lukisan ini terlihat lebih hidup.

Franklinstein

oh no, lagi-lagi saya tertangkap dan terperangkap oleh jebakan seorang tokoh horror yang saya yakin kalian juga tahu yaitu Franklinstein.

Efek 3D-nya terlihat seakan-akan kaki saya dipegang olehnya dan diri saya pun terlihat dimasukkan ke dalam mulutnya.

broken wall

Kemudian ada lagi serangan dari hewan yang, eeehhh saya kurang tau dan lupa tidak menghapal tulisan di samping lukisan ini apa namanya.

Efek 3D dari lukisan tersebut terlihat hewan tersebut sedang menjebol tembok, dan tidak sengaja ada saya di depannya sehingga saya pun terlihat ikut diseruduknya meski sudah saya coba untuk menahan dengan memegang tanduknya.

fake chair

selanjutnya ada “fake chair”. Sesungguhnya yang saya duduki itu bukannya kursi, melainkan hanya ruang kosong. Saya berpose duduk seperti itu agar lebih terlihat efek 3D dari lukisan tersebut.

Padahal saya hanya mencoba posisi duduk dengan menahan kaki saya dan bersandar pada dinding samping saya, namun terlihat seperti saya duduk  pada kursi merah itu.

mischievous

Kemudian saya menemukan ada hewan jail lainnya di sini.

Efek 3D dari lukisannya ialah sakan-akan hewan tersebut keluar dari sebuah pintu dan menjaili saya dengan cara ingin mengambil topi dari kepala saya.

Butterfly

Next, oh my favorite photo shoot in this Trick Art. Di tempat butterfly inilah yang paling saya sukai karena kupu-kupunya terlihat sangat cantik sekali.

Efek 3D-nya ialah butterfly tersebut sakan-akan muncul dan terlihat mempunyai bayangan, padahal sekali lagi itu hanyalah ilusi mata anda, hehe..

        Bloggers, sebenarnya masih banyak lagi foto saya pada acara Trick Art tersebut yang ingin saya share dengan kalian, namun saya pikir sekian sudah cukup yah untuk mewakili 53 lukisan yang terdapat di Japanese 3D Painting exhibition tersebut.

Terimakasih ya untuk semuanya yang telah menyediakan waktunya untuk mampir dan membaca postingan dari saya ini.

Honestly, that event was really unspoken for me, awesome, amazing, and spectacular is doesn’t enough to describe it. I’m really happy can be there.

And this is my way to present the Trick Art in Indonesia🙂

See you very soon, and keep bloging for us😀

 

 

Leave a Reply

