Pengantar Teknologi Game (Tugas 3)


INTERACTIVE SYSTEM

          Pada postingan saya kali ini akan membahas mengenai interactive system yang dibutuhkan sebagai pendukung suatu program agar lebih terlihat interaktif dengan para user.

Baiklah pertama-tama saya akan mulai dengan membahas apa itu interactive system.

Interactive System

Merupakan sebuah sistem yang dibuat agar memberikan informasi yang bersifat interaktif baik itu berupa hiburan, berita atau sebagainya. Selain dari segi program, terdapat bagian lain yang harus diperhatikan dalam interaktif sistem, tak lain dan tak bukan ialah user.

Peranan user sangatlah penting karena user merupakan sasaran utama dari pembuatan suatu program interaktif.

Interactive system memiliki beberapa bagian yang saling mendukung, yaitu interactive entertainment dan interactive program. Sekarang saya akan coba jelaskan sedikit tentang keduanya.

Interactive Entertainment

Interactive entertainment lebih ditujukan pada usaha dalam memproduksi dan memberikan layanan yang bersifat menghibur kepada user sehingga user dapat langsung merespon dengan cara memberikan umpan balik.

Konsep yang digunakan dalam interactive entertainment ialah memberikan informasi dengan adanya kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dengan memberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada, sehingga user dapat langsung berinteraksi dengan program yang telah dibuat.

Interactive Programs

Interactive programming adalah prosedur penulisan bagian dari sebuah program ketika sudah aktif. Ini berfokus pada teks program sebagai antarmuka utama untuk proses yang berjalan, bukan sebuah aplikasi interaktif, di mana program ini dirancang dalam siklus pengembangan dan untuk digunakan sesudahnya.

Hal penting yang harus diperhatikan dari interactive programs adalah dari segi user dan programnya. Keterlibatan user dalam sebuah program ialah sangat dibutuhkan. Karena alasan dibuatnya program adalah untuk memenuhi kebutuhan user yang berasal dari permintaan user.

Komunikasi antara user dan program akan terwujud dengan adanya GUI yang dibangun pada program tersebut.

Interactive system juga lebih terdukung dengan adanya GUI (Graphical User Interface). Berperan sebagai apa sajakah GUI tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

GUI (Graphical User Interface)

GUI atau kepajangan dari Graphical User Interface merupakan salah satu model interaksi antara manusia dan komputer.

Fungsi  & Peranan GUI

Dari pemahaman GUI sebelumnya, fungsi dan peranan GUI dalam dunia teknologi dan informasi saat ini sangat beragam. Berikut ini terdapat beberapa fungsi dan peranan dari penggunaan GUI dalam dunia Iptek khususnya komputer :

(1). Pointing device dengan perangkat berupa mouse.

(2). Memiliki fungsi sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan uninstall hardware/sofware (sinkronisasi).

(3). Membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain.

(4). Untuk digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis.

(5). Pembuatan website.

(6). Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.

Beragam Komponen-Komponen dari GUI

          1. Combo Box

Combo box merupakan menu drop down yang digunakan untuk  membuat satu pilihan dari sekian banyak pilihan yang ada. Membuat objek combo box dengan konstruktor dan menjalankan metode addltem untuk menambahkan pilihan pada daftar combo box.

combo box          2. Label

Label  merupakan komponen grafik yang dapat menampung tulisan dan icon.

label

 

3. List

List merupakan daftar pilihan yang ditampilkan sekaligus. Pengguna program dapat memebuat beberapa pilihan dari daftar yang di tampilkan.

list

 

4. Menu

Menu merupakandaftar pilihan program yang bisa dibentuk dalam bentuk pop up.

menu

 

5. Text Area

Text area merupakan tempat pengeditan teks yang dapat menampung lebih dari satu baris.

text area

 

6. Text Field

Text field merupakan area yang terdapat menampung tulisan yang di ketik pengguna program.

textfield

 

kejadian yang muncul ketika user berinteraksi dengan aplikasi disebut dengan event. Tanpa adanya event, GUI tidak dapat berjalan. Terdapat beberapa macam event pada GUI (Graphical User Interface), antara lain :

Event Source

Komponen GUI yang membuat event atau tempat terjadinya event.yaitu berupa komponen-komponen visual, seperti : button, combo box, text field, etc.

 

Event Model

Interaksi antara user dan komponen GUI. Untuk mendeskripsikan bagaimana program merespon interaksi user terdapat bagian-bagian penting yaitu event source dan event listener / Handler.

 

Event Listener

Objek penerima & pengolah event. Menerima dan menangani event, mengandung business logic. Contoh: menampilkan informasi penting ke user, melakukan komputasi matematis, dan lain sebagainya.

 

Event Object

Objek yang terbentuk saat terjadi event. Yaitu ketika user berinteraksi dengan komponen GUI. Seperti : tekan button, ketik di text field, dll. Mengandung semua informasi yang berhubungan dengan event yang muncul, seperti : Tipe event yang muncul, asal dari event tersebut. Direpresentasikan oleh class Event.

 

Event Handler

Event Handler berupa blok method dari listener yang menentukan proses selanjutnya setelah komponen mendapatkan event. Misalkan pada event tombol simpan ditekan, event listener akan menangkap event pada Event Source tombol Simpan, kemudian Event Handler akan menyimpan data yang akan didefenisikan pada blok Event Handler.

Dipandang dari konsep struktur interactive programs, event dari standard programming dengan interactive programming memiliki perbedaan yang signifikan.

Pada interactive programming, dalam menyelesaikan masalah yang perlu penambahan algoritma, program dapat terus dijalankan tanpa harus dihentikan selama penulisan ulang dari program. Hal tersebut berbeda dengan event dari standard programming yang bersifat kebalikannya.

Jadi GUI sangat jelas kaitanya dengan kegiatan penggunaan suatu aplikasi dalam komputer. Dalam hal ini, GUI menjembatani user dalam menggunakan program aplikasi. Dengan tampilan yang ergonomis, user dengan mudah dapat menyesuaikan aplikasi-aplikasi karena GUI membantu didalam interface yang dapat dipahami penggunaannya dan mempermudah komunikasi antar keduanya sehingga antara user dan sistem, tidak terjadi misscommuncation dalam menerapkan sistem komputerisasi.

 

REFERENSI :
elektroengineering.blogspot.com
momotarokun.wordpress.com
noorhayatin.staff.umm.ac.id
en.wikipedia.org
docs.google.com
 
 
 
tabel kinerja
 
 
 
 

Rekan Kerja :

Ayu Fitriyanti

Khoirul Anwar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s