FORENSIK DI BIDANG IT (IT FORENSIK)


Long time no see blogers😀

to the point aja ya, saya akan membahas tentang apa yang sudah saya tulis sebagai judul postingan ini.

Yuk simak penjelasannya…

 

       Penjelasan dari IT Forensik ialah penggunaan sejumlah prosedur untuk menguji secara keseluruhan suatu sistem komputer dengan memanfaatkan software dan tools untuk memelihara barang bukti dari tindak kriminal.

       IT forensik juga merupakan cabang dari ilmu komputer yang mengarah pada bagian forensik dan berkaitan dengan bukti hokum yang ditemukan pada komputer dan media penyimpanan.

 

IT forensik memiliki beberapa cabang di dalamnya, seperti :

–          Firewall forensik

–          Forensik jaringan

–          Database foresnik

–          Dan forensik perangkat mobile

       Teknik digital forensik sering digunakan untuk meneliti sistem komputer milik terdakwa (dalam perkara pidana) atau tergugat (dalam perkara perdata).

 

Mengapa menggunakan forensik IT?

       Karena perkembangan zaman dan teknologi, mayoritas tindak criminal yang dilakukan saat ini pasti memiliki jejak forensik di bidang teknologi informasi dan komunikasi, oleh sebab itu dibutuhkanlah teknik forensik di bidang IT  untuk meneliti sistem komputer yang digunakan agar mendapatkan fakta yang kemudian bisa dijadikan sebagai bukti dari tindak kejahatan yang telah berlangsung.

 

            Bukti yang dapat digunakan dalam meneliti kasus forensik di bidang IT antara lain :

–          Hardisk

–          Floopy disk (atau media yang bersifat removable lainnya)

–          Network system

 

Sekarang saya akan memberikan beberapa contoh kasus forensik yang bergerak di bidang IT.

       1.  Sebuah kementrian di pemerintahan menuntut satu Lembaga Swadaya Masyarakat yang ditengarai melakukan penetrasi ke dalam sistem komputernya tanpa izin.

(berdasarkan undang-undang yang berlaku, LSM yang bersangkutan dapat dikenai sanksi hukum yang sangat berat jika terbukti melakukan aktivitas yang dituduhkan).

 >> kasus di atas termasuk kasus forensik di bidang IT karena sudah jelas si pelaku melakukan peretasan ke dalam sistem komputer dengan mencuri autorisasi sang administrator.

        2.  Sekelompok artis terkemuka merasa berang karena citranya diporakprandakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut disinyalir merekayasa foto-foto artis tersebut menjadi tampak dalam pose yang seronok. Kemudian foto-foto tersebut disebarluaskan melalui website pribadinya yang memang dirancang dan difasilitasi untuk memuat gambar-gambar yang seronok.

(perbuatan tersebut telah melanggar UU ITE karena telah sengaja mencemarkan nama baik seseorang melalui media informasi).

 >> kasus ini juga termasuk ke dalam kasus forensik IT karena jejak barang bukti terdapat pada media informasi, dan foto-foto yang tersebar bisa dianalisa apakah sungguhan atau benar hanya editan menggunakan software pengolahan citra.

 

       Sekian penjelas singkat yang dapat saya berikan mengenai forensik di bidang IT. Semoga dapat menambah ilmu, tolong dibuang hal yang tidak bermanfaatnya, dan diambil ilmunya saja. Dari beberapa contoh yang saya berikan, terlihat bahwa semakin lemah tingkat kemanan dari media informasi yang kita miliki dan semakin banyak orang hebat yang dapat membobol pertahanan keamanan yang kita miliki. Tidak ada salahnya bila saya mengingatkan kepada seluruh bloggers yang membaca ini untuk tetap berhati-hati dalam segala tindakan terlebih lagi dalam menggunakan media informasi yang saat ini sudah sangat mudah ditemui, karena semua jejak kita akan mudah juga untuk dilacak.

 

Terima kasih,

Sampai jumpa lagi😀

 

 

  

Referensi :

Universitas Gunadarma

Dicky Pratama S.Kom

indonesia-oer.org (prof. eko aji)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s