European Higher Education Fair (EHEF) 2013


          Hi bloggers, kita ketemu lagi dalam kondisi yang berbeda. Duh? Kenapa berbeda ya? Ya karena kali ini saya bukan mau posting tentang materi perkuliahan, tapi saya mau berbagi pengalaman. Mmmh, bukan pengalaman sih lebih tepatnya curhatlah.. hehe, curhatan ini berhubungan sama judul postingannya kok. Mau simak? Yuk langsung aja deh mulai ya..

          Buat para mahasiswa maupun dosen yang tertarik untuk go to study abroad pastinya ngga asing kan dengar EHEF? Apa masih ada yang belum tau apa itu EHEF? Okee deh sedikit penjelasannya, EHEF itu singkatan dari European Higher Education Fair. Udah cukup jelas yah dilihat dari kepanjangannya, EHEF itu merupakan sebuah acara dimana para delegasi Uni Eropa dari seluruh Negara dipertemukan dalam sebuah event yang isinya dimulai dari pameran pendidikan, promosi kampus yang berada di Eropa, seminar mengenai study abroad, sampai ada photo competition untuk para calon delegasi.

          Hmm EHEF 2013 di Indonesia telah berlangsung pada tanggal 12-13 Oktober 2013 kemarin. Perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini EHEF tidak hanya diadakan di ibu kota Indonesia (Jakarta) aja , tahun ini EHEF juga diselenggarakan di kota Yogyakarta.

European Union

          Saya mengikuti EHEF 12 Oktober 2013 di Jakarta kemarin, tepatnya di Puri Agung (Grand Sahid Jaya Hotel). Sebelum ada EHEF saya memang sudah tertarik dengan study abroad, pilihan saya awalnya hanyalah ke “the city of lights” alias Paris yang ada di France.

Studi? Tentu Prancis !

          Jadi tanpa ragu saat berada di EHEF saya mengunjungi perwakilan delegasi kampus-kampus yang berada di Prancis. Namun setelah saya melihat-lihat, tiba-tiba saya tertarik untuk memilih cadangan ke Negara lain, yaitu Italy, tepatnya sebuah universitas yang berada di kota Milan.

          Fix, mungkin pilihan saya hanya 2 negara itu, France dan Italy. Walaupun saya juga melirik ke Germany, England, bahkan Sweden, tapi kata hati saya tetap memilih 2 Negara itu. Setelah mendapatkan informasi tentang semua yang saya butuhkan, dimulai dari bagaimana cara pendaftaran, apa kriteria yang dibutuhkan untuk melanjutkan Master di sana, dan berapa living cost yang harus dipersiapkan, para delegasi juga dapat mengikuti Photo Competition yang diselenggarakan oleh Delegation of European Union Indonesia di sana. Tapi ada syaratnya, sebelum take a shoot, para delegasi diminta untuk melakukan face painting menggunakan gambar bendera Negara yang ingin mereka kunjungi (otomatis saya pun melakukan face painting* dengan bendera France).

*saya hanya melakukan hand painting (haha)

Painting Sesion

next delegation

behind the scene

Setibanya di rumah setelah menghadiri EHEF, di sinilah konflik mulai terjadi. Saya akan mengutip percakapan antara saya dan mama. Begini awalnya…

Mama   : “dek, papa tadi bilang ke mama kalo kamu itu ga jadi dibolehin ngelanjutin ke eropa.”

Saya       : “loh kok papa gitu sih? Sering banget awalnya semangat, tapi giliran udah depan mata malah semena-mena.”

Mama   : ”ya ga tau lah tuh papa kamu.”

Saya       : “ya terus ade kemana dong?”

Mama   : “ade mau dikirim ke Spore (Singapur).”

Saya       : “yahhh, kok ke Spore sih, mama udah tau kan dari dulu ade maunya kemana..”

Mama   : “iya mama tau, kan mama juga dukung, tapi tuh kata papa kalo di Spore kan udah ada si Kiki anaknya mas Memet.”

Saya       : “terus mama mau gitu ade gaul sama dia nanti tinggal satu flat gitu? Yakin? Mama liat sendiri kan dia anaknya kayak gimana, telalu gaul ma bukan style ade banget.”

Mama   :   “ya mau gimana lagi, itu kk juga kemaren puulang abis sertifikasi bawain kamu hadiah.”

Saya       : “hadiah apaan?”

Mama   : “tuh (nunjuk tas, tas dari Holland University beserta merchandise dll.) kk juga udah cari info buat kamu tentang kuliah di Holland.”

Saya       : “ade kan ga mau ke Holland, tadi ade cari info lagi ade punya cadangan selain Paris ade mau ke Milan, nemu jurusan yang ade banget deh, yang pokonya bakal keluar dari apa yang ade pelajari di kampus selama ini.”

Mama   : “apa tuh?”

Saya       : “fashion designer, dalam jangka 1 tahun bisa langsung ikut serta Milan fashion week, mama tau banget kaan..”

Mama   : (baca informasi) “oh ini, ya kalo ke Milan ini kan kamu bisa aja lanjutin nanti pas udah punya suami, tapi setelah lulus kamu ke Spore dulu.”

Saya       :   “yaaah, masa Spore doang? Sekalian aja kirim ade ke London biar bareng si Ardi tuh adenya si Kiki kan dia baru masuk Agustus kemaren, dijemput sama mba ayu, di sana tinggal bareng suaminya.”

Mama   :   “oh iyaa ya bener… mama baru inget ayu sama suaminya sekarang di sana. Bisa tenang mama kalo kamu di London bareng ayu, dia ga rese kok anaknya, dia juga pasti bales budi lah soalnya inget papa yang ngurusin dia waktu kecil. Iya iya bener nanti bisa kok mama hubungin dia biar nyariin flat buat ade di sana atau ga minta siapin kamar. Iya bareng Ardi juga jadi tenang ada cowo yang bisa jagain kamu.”

Saya       :   “mamaaaaaa ade Cuma becanda, ade tetep maunya Paris atau ga Milan, kalo Milan kan tetep nanti bisa jalan-jalan ke Paris, tapi kalo ke London susaaah beda visa nya, soalnya dia Britain, jadi ga bebas tour eropaaa.”

Mama   :   “yaah abis mama tenang kalo kamu di London udah pasti terjamin. Hmm, eh iya si Aditya anaknya mba Uwi kan di Paris sekarang de, kok mama baru inget ya..”

Saya       :   “nahhh, iya yaudah fix, kan ada Aditya, ade ke Paris, nanti dia yang jadi tour guide nya, sebelum tau lokasi, flatnya barengan sama dia juga gapapa deh.”

Mama   :   “yaudahlah liat nanti aja deh, bingung dipikirin sekarang, kan masih ada 1 semester lagi buat kamu pilih-pilih lagi jurusan + Negara mananya.”

Saya       :   “yah kan ade juga butuh kepastian mau dideportasi kemana lagi.” (pasrah)

          Haha saya sendiri sebenarnya bingung mau ketawa atau nangis setelah percakapan tersebut berakhir. Tapi ya bener kata mama sih, saya masih punya 1 semester buat melakukan yang terbaik yang bisa saya lakukan di sini dan memikirkan lebih matang Negara mana yang akan saya tinggali di masa yang akan dating.

          Oh iya kalo bloggers yang udah punya pengalaman mengenai study abroad bolehlah sharing di sini, saya newbie jadi butuh banyak sekali info dari para master hehe. Jangan sungkan untuk berbagi informasi kalian ya, tolong beri saya masukan sebanyak-banyaknya tentang study abroad, agar nanti saya bisa compare semua info yang sudah saya dapatkan.

Okee deh, sampe jumpa lagi ya bloggers, makasih loh lagi-lagi udah mau setia baca curhatan saya haha😀

Keep blogging for us😀

See you😀

Leave a Reply

