MOBILE FORENSIK


         

          Saya akan menjelaskan materi tugas kelompok mata kuliah Pengantar Forensi IT. Materi yang akan saya bahas di sini ialah mengenai Mobile Forensik. saya akan memaparkan pembukaannya, kemudian materi berikutnya akan dibahas oleh teman sekelompok saya.

1.1       Sejarah Mobile Forensik

            Sebagai bidang studi pemeriksaan forensik perangkat mobile berasal dari akhir 1990-an dan awal 2000-an. Peran ponsel dalam kejahatan sudah lama diakui oleh penegak hukum. Dengan peningkatan ketersediaan perangkat tersebut di pasar konsumen dan array yang lebih luas dari platform komunikasi mereka mendukung (misalnya email, web browsing) permintaan untuk pemeriksaan forensik tumbuh .

            Upaya awal untuk memeriksa perangkat mobile menggunakan teknik yang mirip dengan investigasi forensik komputer pertama:. Menganalisis isi telepon langsung melalui layar dan memotret konten penting namun, hal ini terbukti menjadi proses yang memakan waktu, dan sebagai jumlah perangkat mobile mulai meningkat, peneliti meminta cara yang lebih efisien penggalian data. Enterprising pemeriksa forensik ponsel kadang-kadang digunakan ponsel atau perangkat lunak sinkronisasi PDA untuk “back up” data perangkat ke komputer forensik untuk pencitraan, atau kadang-kadang, hanya dilakukan forensik komputer pada hard drive dari komputer tersangka dimana data telah disinkronkan. Namun, perangkat lunak jenis ini bisa menulis ke telepon serta membacanya, dan tidak bisa mengambil data dihapus.

            Beberapa pemeriksa forensik menemukan bahwa mereka bisa mengambil data bahkan dihapus dengan menggunakan “flasher” atau “twister” kotak, alat yang dikembangkan oleh OEM untuk “flash” memori telepon untuk debugging atau memperbarui. Namun, kotak flasher yang invasif dan dapat mengubah data, dapat rumit untuk digunakan, dan, karena mereka tidak dikembangkan sebagai alat forensik, melakukan verifikasi hash atau tidak (dalam banyak kasus) audit untuk pemeriksaan forensik fisik, karena itu. , alternatif yang lebih baik tetap diperlukan.

            Untuk memenuhi tuntutan tersebut, muncul alat komersial yang memungkinkan pemeriksa untuk memulihkan memori telepon dengan gangguan minimal dan menganalisis secara terpisah. Seiring waktu teknik komersial telah dikembangkan lebih lanjut dan pemulihan data yang dihapus dari perangkat mobile proprietary telah menjadi mungkin dengan spesialis beberapa alat. Selain itu, alat komersial bahkan otomatis banyak proses ekstraksi, rendering itu mungkin bahkan untuk responden pertama minimal dilatih – yang saat ini jauh lebih mungkin untuk menghadapi tersangka dengan perangkat mobile yang mereka miliki, dibandingkan dengan komputer – untuk melakukan ekstraksi dasar untuk triase dan tujuan data yang pratinjau.

 

1.2       Mobile Forensik

            Mobile forensik merupakan cabang dari forensik digital yang berkaitan dengan pemulihan bukti digital atau data dari perangkat mobile di bawah forensik kondisi suara. Perangkat selular frase biasanya merujuk ke ponsel , namun juga dapat berhubungan dengan perangkat digital yang memiliki baik memori internal dan komunikasi kemampuan.

            Penggunaan ponsel dalam kejahatan secara luas diakui untuk beberapa tahun, tetapi studi forensik perangkat mobile merupakan bidang yang relatif baru, berasal dari awal 2000-an. Sebuah proliferasi ponsel (terutama smartphone ) di pasar konsumen menyebabkan permintaan untuk pemeriksaan forensik dari perangkat, yang tidak dapat dipenuhi oleh ada komputer forensik teknik.

            Proses investigasi biasanya difokuskan pada data yang sederhana seperti data panggilan, dan komunikasi seperti email atau sms, dan juga data yang sudah terhapus dari media penyimpanan mobile device. Mobile devices biasanya juga bisa digunakan untuk menemukan informasi mengenai lokasi, yaitu mengunakan GPS atau alat pencari lokasi atau melalui cell site logs, yang melacak perangkat yang masuk di dalam range nya.

            Informasi yang diambil dari perangkat mobile dapat berguna dalam berbagai masalah hukum, administratif dan investigasi seperti:

  • Pencurian Kekayaan Intelektual
  • Perusahaan Penipuan
  • Penyalahgunaan Properti
  • Perceraian & Hukum Keluarga
  • Geo-Lokasi Kontroversi
  • Bukti Kejahatan          

 

1.3       Sistem Operasi

            Sistem operasi windows telah mendominasi pasar komputer pribadi selama bertahun-tahun. Sementara Apple Mac OS terobosan baru akhir-akhir ini, oleh sebab itu wajar jika sistem operasi PC ini cukup matang dan stabil di pasar. Hal yang sama tidak berlaku untuk perangkat mobile. Banyaknya sistem operasi yang digunakan, termasuk Apple IOS, Google Android, RIM BlackBerry OS, Microsoft Windows Mobile, WebOS HP, Nokia Symbian OS, dan banyak lainnya. Keragaman ini menciptakan tantangan untuk pengembangan perangkat lunak forensik, dan untuk forensik perangkat mobile pada umumnya.         

 

sekian penjelasan mengenai sejarah mobile forensik, materi berikutnya akan diposting oleh Ayu Fitriyanti

One thought on “MOBILE FORENSIK

  1. Pingback: Mobile Forensik | Free Room

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s