Penerapan Komputasi Modern


Halo bloggers, kita ketemu lagi  :D

Langsung saja deh untuk postingan saya kali ini berhubungan dengan mata kuliah softskill : Pengantar Komputasi Modern (PKM). Nah, saya akan membahas sebuah website yang di dalamnya telah diterapkan komputasi modern. 

Website yang akan saya bahas ialah sebuah website perusahaan yang bergerak pada bidang jasa antar barang, yaitu JNE.

          Kelebihan dari website JNE ini menurut saya ialah fiturnya yang mudah dipahami oleh semua kalangan pengguna, mulai dari fitur pencarian ongkos kirim yang sekaligus akan menampilkan estimasi waktu berapa hari barang akan sampai kepada pembeli, sampai fitur database pencarian resi pengiriman barang untuk mengetahui apakah barang yang dipesan sudah dikirim atau belum..

          Website JNE ini hampir lengkap sehingga saya pun bingung ingin menyebutkan kekurangannya. Tapi untuk saya pribadi mungkin yang masih kurang ialah database dari nama daerah/kota terpencil yang belum semuanya bisa dijangkau, tapi memikirkan hal tersebut memang disesuaikan dengan lokasi cabang JNE juga jadi masih dapat dimaklumi. Kemudian mungkin yang masih menjadi kekurangannya itu terdapat pada fitur pencarian resi pengiriman, pada fitur ini akan tampil seluruh informasinya hanya bila barang sudah diterima, namun bila barang belum diterima padahal waktunya sudah sesuai dengan estimasi waktu yang diberikan, website ini belum bisa menampilkan informasi yang cukup, seperti kapan tanggal barang dikirm dari kantor pusat.  Hal tersebut terlihat sepele, namun sangat berguna sebagai informasi untuk kedua pihak (baik penjual maupun pembeli).

          Dilihat dari kelebihan dan kekurangan website JNE tersebut, maka website ini dapat digolongkan ke dalam website yang menerapkan komputasi modern, kenapa? karena bila dilihat dari pengertian komputasi modern itu sendiri ialah…

Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. 

          Kemudian, dalam pengoperasian website ini dibutuhkan jalur komunikasi berupa internet, dan website ini bersifat dinamis yang akan selalu berjalan seirin perkembangan informasi dan waktu, ini sesuai seperti salah satu jenis dari model komputasi modern, yaitu…

Cloud Computing, merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Sekarang saya akan menunjukkan tampilan website dari JNE itu sendiri, tampilan home dari website JNE yaitu seperti di bawah ini..

jne1

Lalu bila ingin menggunakan fitur pencarian ongkos kirim, maka langsung saja ketikkan nama kota asal, nama kota tujuan, dan berat barang yang dikirim pada kotak yang paling kanan..

cek ongkir

jika sudah mengisi nama kota dan berat barang, maka akan tampil semacam kode yang harus kita ketik sebagai keamanannya, jika sudah maka klik submit dan akan tampil halaman seperti berikut…

ongkir

sedangkan untuk pengecekan resi pengiriman, langsung saja ketik no resi yang telah diberikan dari kantor JNE yang bersangkutan pada kolom resi / “trace & tracking”…

trace & tracking

langkahnya sama seperti pada saat ingin mengetahui ongkos kirim, ketik dahulu kode rahasia barulah klik submit. Jika sudah, maka akan tampil seperti ini..

resi

Sekian penjelasan yang dapat saya berikan mengenai penerapan komputasi modern yang terdapat pada sebuah website.

Semoga dapat menambah ilmu para bloggers  :D

Terima kasih telah berkunjung dan berkenan membaca postingan saya ini..

see you guys, and keep blogging for us  ;D

 
 
referensi : 
tantyniieezz.wordpress.com
 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s