ILMU DISIPLIN DALAM BELAJAR


           Belajar adalah suatu proses yang bersifat dinamis. Mengapa saya katakan dinamis? Karena sesungguhnya belajar merupakan proses yang tidak pernah berhenti dan merupakan hal yang selalu kita temui dalam waktu pendewasaan dan perbaikan diri untuk menjadi pribadi lebih baik lagi.

          Setiap individu yang ingin dirinya menjadi lebih baik dari dirinya yang sekarang tidak akan lelah untuk belajar, karena ia tahu bahwa belajar adalah panggilan serta tuntutan hidup, dan ia juga paham jika tidak belajar maka kualitas dirinya pun akan menurun.

          Disiplin merupakan perilaku diri yang mencerminkan ketaatan, kepatuhan, dan ketertiban seseorang dalam mengerjakan sesuatu. Sedangkan, perilaku itu sendiri akan terbentuk melalui proses belajar yang kita lalui.

          Terlihat jelas bukan keterkaitan antara belajar dan disiplin? Sudah dapat dipastikan bahwa disiplin merupakan bagian dari belajar. Tapi sekarang ada yang disbeut dengan disiplin dalam belajar. Apa yang dimaksud dengan kalimat tersebut?

          Disiplin dalam belajar dapat diartikan sebagai penanaman sifat kepatuhan atau ketaatan seseorang dalam melakukan proses belajar. Sedangkan tingkat kedisiplinan orang itu berbeda-beda tergantung dengan lingkungan tempat tinggal, didikan orang tua, dan kepiawaian diri untuk memiliki niat dalam belajar.

          Jika di dalam diri kita sudah tertanam dengan benar mengenai disiplin dalam belajar, maka diri kita pun akan mudah untuk mengendalikan diri dalam belajar, akan mudah juga dalam memahami pelajaran, dan akan lebih bisa mematuhi peraturan apa saja yang berlaku disetiap pembelajaran yang akan kita hadapi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s