KEADILAN


halo bloggers, bagaimana kehidupan kalian?

sudahkah kalian merasa adil? hehe..

kali ini saya akan membahas tentang keadilan, kalian harus tahu bahwa hidup itu adil, tapi jangan sesekali mengejar keadilan, karena sesuangguhnya di dunia ini tidak ada keadilan yang kekal selain dari Sang Pencipta.

          Banyak sekali yang sudah mengartikan keadilan, salah satunya Aristoteles. Menurutnya, keadilan adalah kelayakan dalam kehidupan manusia. Namun, kata adil berasal dari bahasa Arab yang dapat diartikan sebagai titik tengah. Keadilan itu berarti menempatkan sesuatu di tengah-tengah, tidak berat sebelah atau dengan kata lain keadilan ialah menempatkan sesuatu pada tempatnya. 

          Pengertian keadilan sendiri pada umumnya adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang antar hak dan kewajiban. Dimana keadilan tersebut terletak pada keharmonisan menuntuk hak dan menjalankan kewajiban. Dimana hak yang dituntut haruslah seimbang dengan kewajiban yang telah dilakukan sehingga terjalin harmonisasi dalam perwujudan keadilan itu sendiri. Intinya adalah keadaan yang menunjukkan setiap orang mendapatkan apa yang telah menjadi haknya.

          Sudah jelas bukan bahwa adil itu bukan berarti harus “sama”? karena masih ada sebagian dari kita yang menganggap bahwa adil adalah kesamaan. Penjelasan sebelum sudah sangat jelas sekali menyatakan bahwa adil adalah keharmonisan antara hak dan kewajiban.

          Saya berikan contoh sederhana. Terdapat dua orang anak kakak beradik yang masih mengenyam pendidikan. Sang kakak berada di bangku SMA dan sang adik berada di bangku SMP. Sang kakak harus menggunakan transportasi bus kemudian harus naik angkot lagi barulah sampai di sekolahnya. Sedangkan sang adik hanya naik angkot sekali lalu langsung tiba di sekolahnya.

          Di sini sang kakak memiliki uang jajan yang lebih banyak dari sang adik, karena sudah jelas sang kakak  membutuhkan biaya lebih dalam hal transport juga dalam memenuhi kebutuhannya yang sudah pasti lebih banyak dari adiknya. Sedangkan sang adikpun pastinya memiliki uang jajan yang lebih sedikit dari sang kakak karena kebutuhan dia pun belum sebanyak sang kakak. Itu lah yang disebut adil.

          Sekali lagi, bukanlah harus sama melainkan harus menempatkan sesuatu pada porsinya. Justru bila sang kakak dan adik memiliki uang jajan yang sama, maka itu merupakan bentuk ketidak adilan dari sisi sang kakak. Karena sudah jelas kebutuhan sang kakak lebih banyak dari sang adik. Jadi walaupun uang jajan yang diberikan kepada sang kakak lebih banyak, tapi justru itulah bentuk keharmonisan dari hak dan kewajiban yang dimiliki seseorang.

          Rasa keadilan memiliki timbal balik dengan pembalasan. Apabila seseorang merasa adil terhadapnya, maka orang tersebut akan adil pula. Pembalasan adalah reaksi dari perbuatan orang lain kepadanya. Reaksi itu dapat berupa perbuatan dan tingkah laku yang serupa serta seimbang baik secara positif ataupun negatif. 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s